Find Us On Social Media :

TCASH Luncurkan Layanan Remitansi Wallet-to-Wallet untuk TKI

By Adam Rizal, Selasa, 21 Agustus 2018 | 06:00 WIB

Ilustrasi TCASH

TCASH menggandeng perusahaan telekomunikasi terbesar di Singapura, Singtel memperkenalkan inovasi perluasan layanan remitansi bagi TKI di Singapura untuk mengirimkan dana kepada keluarga di Indonesia melalui layanan wallet-to-wallet.

TCASH pun memberikan tanpa batas minimum dana dan biaya pengiriman uang yang gratis bagi TKI di Singapura yang menggunakan layanan remitansi wallet-to-wallet ini hingga Desember 2018.

Danu Wicaksana (CEO TCASH) mengatakan TCASH memang menjadikan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan anggota keluarganya di Indonesia menjadi prioritas utama. TCASH merupakan uang elektronik non-bank pertama yang memperkenalkan layanan wallet-to-wallet untuk menjangkau ribuan TKI di Singapura setiap bulannya.

"Hadirnya layanan remitansi wallet-to-wallet ini dapat membantu mereka untuk mengirimkan dana secara real-time, kapanpun, dimanapun, dan oleh siapapun. Apalagi, TCASH dapat digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia lintas operator telekomunikasi," katanya dalam siaran persnya, Selasa.

The Global Findex Database mengungkapkan ada lebih dari 100 juta penduduk Indonesia yang belum memiliki akun bank. World Bank mengungkapkan keterbatasan akses ke layanan perbankan dan rendahnya wawasan masyarakat untuk pengaturan finansial sehari-hari menjadi tantangan proses remitansi di Indonesia.

Langkah TCASH menghadirkan layanan remitansi wallet-to-wallet ini menjadi solusi tepat untuk memudahkan proses pengiriman dana TKI sekaligus memberdayakan kehidupan keluarga TKI di Indonesia.

Cara kerjanya, TKI di Singapura dapat mengunduh aplikasi Singtel Dash, yang memiliki fitur layanan kirim uang terintegrasi, yaitu m-Remit; serta aplikasi TCASH Wallet (full service) bagi keluarga TKI di Indonesia sebagai penerima dana.

Setelah unduhan, TKI cukup mengirimkan dana sesuai dengan preferensi, yang ditujukan ke nomor akun TCASH milik keluarga di Indonesia. Setelah proses pengiriman, dana akan langsung diterima oleh akun TCASH tujuan dan dapat dicairkan di toko retail Indomaret, Alfamart, Konter Pembayaran Resmi Bang TCASH, serta GraPari.

Saat ini, TKI di Singapura telah dapat memanfaatkan layanan remitansi wallet-to-wallet ini untuk mengirimkan dana hingga Rp10 Juta atau SGD 999 dalam satu kali pengiriman, atau mengirimkan dana maksimal hingga Rp20 Juta setiap bulannya ke akun TCASH Wallet di Indonesia.

Selain lebih praktis dan terjangkau, layanan remitansi TCASH ini juga telah mendapatkan izin resmi penggunaannya dari Bank Indonesia sehingga TKI tidak perlu khawatir dengan keamanan pengiriman dana ke keluarga mereka.

Sebelumnya, TCASH pun telah sukses memperkenalkan layanan remitansi bersama Singtel dan PT Pos Indonesia untuk TKI di Singapura. Melalui layanan ini, keluarga TKI di Indonesia dapat mencairkan dana yang dikirimkan melalui fitur Wesel Pos Instan di ribuan kantor cabang PT Pos Indonesia yang melayani pencairan tunai.

"Dengan layanan ini, kami optimis dapat terus mendukung usaha pemerintah dalam mencapai keuangan yang inklusif untuk seluruh masyarakat Indonesia,” tutup Danu.