Facebook tidak hanya berfungsi untuk berinteraksi dengan keluarga dan teman tetapi juga sebagai tempat usaha untuk pelaku usaha menengah kecil mikro.
Ferdy Nandes (Head of Emerging Business and SMB Facebook untuk Indonesia dan Filipina) mengatakan Indonesia memiliki jumlah pengguna Facebook sebanyak 115 juta pengguna dan sekitar 62 persen terhubung dengan laman bisnis.
"Kami pun terus mendukung para pelaku bisnis khususnya UMKM. Kami telah menyediakan laman atau Page, iklan melalui Facebook Ads hingga pelatihan baik secara online maupun offline," katanya di Jakarta.
"Kami memberi masyarakat Indonesia kemampuan untuk membangun komunitas dan membuat dunia menjadi lebih dekat," ujarnya dalam ajang Press Circle.
Pada kesempatan tersebut, Ferdy menyoroti karakter unik dari pengguna Indonesia yang berbelanja melalui Facebook.
Umumnya, para UMKM yang berjualan lewat Facebook sudah mencantumkan deskripsi barang termasuk ukuran, warna yang tersedia hingga harga untuk memudahkan calon pembeli mengenali produk.
Di negara lain, konsumen sering kali langsung berbelanja begitu melihat barang yang mereka cari. Sementara di Indonesia, konsumen menyukai untuk bertanya terlebih dulu ke penjual, baik melalui obrolan lewat Messenger atau pesan singkat lainnya.
Umumnya, yang mereka tanyakan seputar ketersediaan barang dan varian warna yang diberikan, meski pun penjual sudah menjelaskannya di foto yang diunggah.
"Di Indonesia, mereka suka bertanya. Misalnya, ada kerudung tertulis tersedia warna biru dan merah. Konsumen suka bertanya, apa ada yang warna kuning," kata Ferdy.