Find Us On Social Media :

Kisah Sukses Perjalanan Tokopedia Selama 9 Tahun di Indonesia

By Adam Rizal, Senin, 27 Agustus 2018 | 15:00 WIB

Tokopedia

Tokopedia resmi menginjak usia yang ke-9 pada tahun ini.

Tokopedia pun akan terus mendukung potensi UMKM di seluruh Indonesia, terbukti Tokopedia telah menjangkau 93 persen seluruh kecamatan di Indonesia.

"Saat ini Tokopedia telah menjangkau 93 persen kecamatan di Indonesia. Pencapaian ini sangat signifikan dalam menuju misi Tokopedia untuk pemerataan ekonomi secara digital," kata Priscilla Anais (Head of Corporate Communications Tokopedia) dalam keterangan tertulisnya, Minggu.

Tokopedia pun sukses membantu dan memberikan banyak peluang kepada para perintis usaha.

Misalnya, para perintis usaha pun tidak perlu lagi memiliki modal usaha yang besar untuk membayar uang sewa.

Di Sumatera Utara, biaya sewa mencapai R 5 juta per bulan, Kalimantan Rp9 juta perbulan, Sulawesi Selatan Rp8 juta per bulan, dan Jakarta Rp16 juta per bulan.

Dengan Tokopedia, para perintis usaha bisa memiliki toko tanpa harus punya toko fisik. "Sebanyak 89% sellers di Tokopedia tidak memiliki toko fisik," ujarnya

Tokopedia juga membantu sellers mendapatkan akses ke modal usaha lewat program bantuan pinjaman UMKM dan sebanyak 51 persen sellers di Tokopedia telah mengalami peningkatan penjualan dengan bantuan program UMKM Mitra Troopers.

Dari lini produk digital, pengguna Tokopedia bisa memanfaatkan 27 produk digital untuk membayar PBB, BPJS, zakat, hingga melakukan pemesanan tiket kereta api serta tiket pesawat.

Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk mengirim barang dengan layanan instant courier kurang dari 1 jam. Saat ini Tokopedia telah mempekerjakan kurir sebanyak 40.000 orang setiap harinya.

Sejak Tokopedia hadir di Indonesia hingga kini lebih dari 100 juta kilometer jarak yang ditempuh untuk mengirim barang.

Jika diakumulasikan, angka tersebut setara dengan lebih dari 11.000 kali bentang Indonesia dari Sabang hingga Merauke.