Find Us On Social Media :

Bos Alibaba akan Kembali ke Indonesia Bulan Depan Bahas Kualitas SDM

By Adam Rizal, Senin, 3 September 2018 | 16:00 WIB

Jack Ma (Pendiri Alibaba)

Jack Ma (pendiri sekaligus CEO Alibaba Group) sukses memeriahkan penutupan Asian Games 2018 kemarin dan Jack Ma akan kembali ke Indonesia pada Oktober 2018 untuk membahas permasalahan sumber daya manusia dan startup di Indonesia.

"Bulan Oktober rencananya kita akan melakukan pertemuan lagi. Bukan hanya soal startup, tapi juga pengembangan sumber daya manusia, terutama consumer protection. Jadi tidak hanya separo-separo," kata Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informatika RI).

Rudiantara mengatakan pemerintah memiliki program 10 ribu vokasi setiap tahunnya untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.

"Jadi kami akan bekerja sama dengan Microsoft dan Cisco untuk membuat semacam kursus tiga bulan di perguruan tinggi, sehingga begitu selesai mereka dapat sertifikat dan bisa langsung kerja. Alibaba juga ikut," ujarnya.

Pememerintah pun akan terus melakukan pengembangan bakat SDM dan meningkatkanperdagangan ke luar negeri khususnya eksport dari Indonesia ke negara lain terutama ke Tiongkok tidak ketinggalan soal teknologi.

"Jack Ma sempat menyampaikan tentang pentingnya inklusi keuangan khususnya akselerasi dari layanan mobile payment e-payment," pungkas Rudiantara.

Sebelumnya, Jack Ma juga telah bertemu Presiden RI Joko Widodo dan beberapa menteri membahas para pelaku bisnis muda termasuk usaha kecil dan menengah menangkap kesempatan bisnis dari internet dan e-Commerce.

"Kami baru aja melakukan pertemuan produktif. Dari kemarin saya bertemu Presiden dan berdiskusi banyak hal. Sementara, hari ini merupakan pertemuan lanjutan," ujar Jack Ma.