Find Us On Social Media :

Teknologi Siemens Di Balik Energi Asian Games 2018

By Liana Threestayanti, Senin, 3 September 2018 | 15:07 WIB

Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang telah usai. Namun masih banyak cerita di balik penyelenggarannya yang menarik untuk disimak. Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi untuk mendukung perhelatan besar tersebut. Siemens sebagai penyedia teknologi menyediakan teknologi inovatif, mulai dari power supply hingga peningkatan keamanan dengan sistem pengindera api, dan peralatan medis.

Siemens menyediakan solusi bagi gardu-gardu tegangan tinggi di Jakarta dan Palembang untuk memastikan ketersediaan pasokan listrik di kedua kota untuk mendukung tempat acara yang meliputi stadion, wisma atlet, dan arena olahraga lainnya.

Untuk kebutuhan pasokan listrik di gardu tegangan tinggi, termasuk yang berkapasitas 150kV hingga 500kV, Siemens menyediakan teknologi relay protection and control yang inovatif, serta sistem otomatisasi gardu. Proyek-proyek ini memenuhi konten lokal sampai 70% dalam produksi perangkat otomasi kelistrikan tegangan menengah dan rendah serta pengerjaan pemasangannya.

“Kami merasa bangga dapat mengambil bagian dalam meningkatkan infrastruktur jaringan listrik di Indonesia dengan teknologi kami dimana 70 persen berasal dari konten lokal,” ungkap J.P. Singh, Head of Transmission Solution, ASEAN, PT Siemens Indonesia. Sejak awal tahun ini, Siemens telah berhasil melakukan sinkronisasi terhadap lebih dari 25 unit gardu tegangan tinggi dengan kapasitas 150kV hingga 500kV yang berlokasi di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatra Utara, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.

Selain itu, Siemens juga menyediakan sistem pengindera api yang mumpuni untuk pendeteksian  api, sinyal dan kontrol alarm yang cepat dan andal, CERBERUS ECO dan CERBERUS FIT. Solusi ini diimplementasikan di Gelora Bung Karno Sports Complex dan Stadiom Utama, termasuk  di delapan aula olahraga di Senayan, Jakarta.

Peralatan medis canggih dari Siemens, mulai dari unit Radiologi seperti Magnetic Resonance Imaging (MRI), Computed-Tomography Scan (CT-Scan), Angiography, hingga unit Laboratorium Diagnostik, sudah terpasang di 26 dari 28 rumah sakit rujukan untuk perhelatan ini. Peralatan medis ini membantu para dokter untuk melakukan diagnosis medis yang efektif dan akurat.

Sebagai mitra lokal dan penyedia teknologi pilihan untuk infrastruktur di Indonesia, Siemens berkomitmen untuk bekerjasama dengan para pelanggan dan mitranya di Indonesia, juga untuk terus meningkatkan inisiatif pengembangan konten dan keterampilan lokal dalam rangka mendukung pembangunan kapasitas nasional Indonesia.