Find Us On Social Media :

Digital Voucher Mampu Tingkatkan Loyalitas Pelanggan Ritel di Mal

By Rafki Fachrizal, Selasa, 4 September 2018 | 18:05 WIB

Berdasarkan data dari Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) pada tahun 2017, jumlah seluruh pusat perbelanjaan atau mal yang ada di Indonesia sudah mencapai hingga 213 mal. Dari total jumlah tesebut juga, diketahui bahwa jumlah mal yang ada di wilayah Jabodetabek sudah mencapai hingga 200 mal.

Dengan kondisi seperti tersebut, hal ini mengakibatkan setiap bisnis ritel yang ada di mal mengalami persaingan yang semakin ketat. Tidak hanya itu, hal ini juga ditambah dengan keberadaan e-commerce yang diperkirakan transaksinya akan terus semakin meningkat seiring dengan tren berbelanja masyarakat saat ini dan didukung perkembangan jaringan broadband di seluruh dunia.

Berangkat dari permasalahan tersebut, kini para pengelola mal dituntut untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif agar gerai atau ritel yang ada tetap ramai dikunjungi oleh para pelanggannya. Melihat kondisi ini, perusahaan startup tanah air Gilkor hadir dengan menawarkan solusi sistem yang dapat membantu para pengelola mal untuk meningkatkan loyalitas para pelanggan ritel mereka.

Solusi sistem yang ditawarkan Gilkor ini yaitu berupa Digital Voucher. Dalam implementasinya, sistem Digital Voucher Gilkor terdapat dalam sebuah dashboard sederhana yang didukung dengan sistem bernama ELYS (Engagement and Loyalty Solutions) yang juga merupakan sebuah inovasi sistem yang dimiliki Gilkor.

Seperti diketahui, sebelumnya untuk program-program loyalitas pelanggan dihadirkan berupa voucher fisik (kupon) yang harus ditukar melalui beberapa proses untuk mendapatkan berbagai penawaran dan hadiah dari pihak ritel.

Sinartus Sosrodjojo, CEO dan Founder Gilkor mengungkapkan bahwa sistem Voucher Digital Gilkor akan membantu menyederhanakan proses transaksi seperti tersebut, baik memudahkan bagi konsumen maupun pengelola ritel.

“Konsumen tidak perlu lagi membawa kartu fisik loyalty program retail yang mereka miliki dan datang ke customer service karena pelanggan dapat dengan mudah menukarkan poin menjadi voucher melalui mobile app yang dikembangkan oleh Gilkor,” ujar Sinartus, saat media briefing di Oakwood, Mega Kuningan, Jakarta.

Tidak hanya memberikan kemudahan bagi konsumennya saja, fitur yang ada pada Digital Voucher juga mampu melakukan pengecekan ulang dan pengesahan melalui beberapa metode. Dengan demikian, transaksi setiap pelanggan akan terjamin secara aman.

Hadir sejak bulan Mei 2018 lalu, Digital Voucher dari Gilkor ini telah diterapkan oleh salah satu pengembang ritel terbesar di Indonesia yaitu Agung Sedayu Retail Indonesia (ASRI). Saat ini, Digital Voucher ini dapat digunakan pelanggan di tiga mal milik ASRI yakni PIK Avenue, Mall of Indonesia dan Grand Galaxy Park Bekasi. Kedepannya, ditargetkan sistem ini juga akan turut diterapkan di mal-mal lain yang dikembangkan oleh ASRI.

“Sebagai pilihan Agung Sedayu saat ini, fitur Digital Voucher merupakan solusi bagi kami untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Kami dapat dengan mudah memonitor dan mengetahui kebiasaan belanja konsumen sehingga kedepannya dapat menetapkan target dan mengidentifikasi area-area yang harus kami kembangkan,” kata Nazira C. Noer, Head of Lifestyle Division, Agung sedayu Retail Indonesia.

Sekedar infomasi, Gilkor merupakan startup yang berbasis di Jakarta yang menawarkan solusi interaksi dan customer loyalty terintegrasi yang dapat membantu mal dan peritel besar dalam menjangkau konsumen serta meningkatkan jumlah pengunjung.

Sejak didirikan, sistem ELYS yang dimiliki Gilkor telah banyak dipilih oleh mal-mal besar di wilayah Jakarta termasuk PIK Avenue dan Pasific Place, yang digunakan sebagai solusi terbaik dan efisien untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka.