Find Us On Social Media :

Samsung harman/kardon Hadirkan HW-N950, Soundbar Hasil Kerja Samanya

By Cakrawala, Kamis, 6 September 2018 | 08:00 WIB

Soundbar Samsung harman/kardon HW-N950 dilengkapi dengan subwoofer dan set speaker belakang terpisah.

Samsung telah menyelesaikan akuisisinya terhadap HARMAN pada tahun 2017 kemarin. Nah, beberapa saat yang lalu, salah satu produk hasil akuisisi ini resmi diumumkan kehadirannya di Indonesia. Produk dengan seri HW-N950 tersebut merupakan soundbar yang ditujukan untuk melengkapi TV layar lebar di rumah. Sebagai produk kerja sama, Samsung harman/kardon HW-N950 tentu memanfaatkan keahlian masing-masing pihak. Sistem suara ini pun menggunakan sejumlah pendekatan untuk menghasilkan suara layaknya di bioskop yang bermutu.

“Memahami bahwa konsumen menginginkan pengalaman terbaik dalam menikmati konten masa kini, kami berkolaborasi dengan Harman Kardon untuk mengedepankan keahlian Samsung dalam solusi home entertainment dengan kualitas suara premium dari Harman Kardon yang telah terbukti sebagai inovator perangkat audio selama 65 tahun,” ujar Harris Pranata Wijaya (‎AV Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia).

Pendekatan yang digunakan antara lain adalah dukungan terhadap object-based surround technology, tepatnya Dolby Atmos dan DTS:X yang memungkinkan penempatan suara yang direproduksi terhadap posisi pendengar lebih akurat. Sejalan dengan ini, Samsung harman/kardon HW-N950 menggunakan empat driver yang mengarah ke atas dengan sudut tertentu. Tujuannya untuk mereproduksi suara yang berasal dari atas kepala pada suatu adegan secara lebih baik.

Melengkapi 4 driver yang mengarah ke atas dengan sudut tertentu itu, Samsung harman/kardon HW-N950 menyertakan 13 driver lagi plus 1 subwoofer. Kesemuanya ini mampu menghadirkan 7.1.4 kanal yang diklaim tertinggi untuk saat sekarang.

Sekadar informasi, maksud dari angka 7 pada 7.1.4 adalah kanal depan kiri, kanal depan kanan, kanal belakang kiri, kanal belakang kanan, kanal tengah, kanal samping kiri, dan kanal samping kanan. Sementara maksud dari angka 1 adalah kanal subwoofer, sedangkan angka 4 adalah kanal atas depan kiri, kanal atas depan kanan, kanal atas belakang kiri, dan kanal atas belakang kanan.

"Yang kedua adalah Dolby Atmos dengan DTS:X. Ini gabungan dari dua teknologi yang menghasilkan teknologi suara berbasis objek. Jadi membuat setiap sumber suara itu bergerak secara independen sehingga surround sound-nya itu benar-benar terasa, terasa mengelilingi kita dari samping, kanan, kiri, belakang, maupun dari atas," sebut Harris Pranata Wijaya (AV Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia).

Produk hasil kolaborasi Samsung dan harman/kardon tersebut menggunakan pula konfigurasi speaker belakang yang terpisah. Dengan kata lain, kedua unit speaker belakang yang mengandung driver belakang dan driver atas belakang ini, berdiri sendiri dan diletakkan di belakang pendengar. Pendekatan ini bisa menghasilkan suara belakang yang lebih “nyata” dibandingkan yang menggunakan driver yang berada di depan dengan memanfaatkan pantulan.

Salah satu pendekatan lagi yang digunakan Samsung harman/kardon HW-N950 adalah wide range tweeter generasi kedua yang diklaim memiliki jangkauan frekuensi lebih luas. Dengannya, suara yang dihasilkan bisa lebih tidak terpengaruh oleh posisi duduk pendengar.

Sementara untuk koneksinya, perangkat yang disebutkan mampu memiliki daya keluaran total sebesar 512 W ini menyediakan 3 port HDMI 2.0 (1 untuk keluaran), 1 port S/PDIF In (optical), Bluetooth 4.0, dan Wi-Fi yang mendukung 2,4 GHz dan 5 GHz. Dukungan Bluetooth dan Wi-Fi membuat sistem suara dengan frequency response dari 34 Hz sampai 17 kHz tersebut bisa digunakan untuk menerima stream lagu lalu mereproduksinya. Hadir pula fitur upscaling yang bisa menaikkan kualitas suara yang dihasilkan dan disebut dengan UHQ 32-bit upscaling.

Samsung harman/kardon HW-N950 ditawarkan dengan harga RP17.999.000 dan mulai tersedia pada pertengahan September 2018.