Find Us On Social Media :

Skype Luncurkan Fitur Terbaru Call-Recording untuk Rekam Video Call

By Adam Rizal, Minggu, 9 September 2018 | 14:00 WIB

Ilustrasi Skype

Akhirnya, Skype meluncurkan update terbaru Skype 8.0 dengan fitur terbarunya call-recording yang mampu merekam percakapan video call.

Update terbaru Skype itu mulai tersedia di Windows, iOS, Mac, Android maupun Linux.

Sayangnya, Microsoft mendahulukan pengguna di luar platformnya terlebih dahulu karena fitur itu belum tersedia di pengguna Windows 10.

Setelah itu, barulah Microsoft menyediakan update terbaru Skype untuk Windows 10 pada pekan depan.

Pengguna dapat menggunakan fitur call-recording untuk one-on-one call dan group-call yang memungkin semua orang dalam percakapan video itu dapat merekam secara bersamaan seperti dikutip Skype.

Fitur call-recording itu mencakup semua yang terjadi dalam percakapan video call dan semua data call-recording Skype akan tersimpan di cloud selama 30 hari.

Hal itu membuat pengguna tidak harus repot-repot memikirkan memori yang dibutuhkan untuk menyimpan rekaman tersebut.

Fitur Enkripsi

Selain fitur call-recording, Skype menguji coba fitur percakapan teks dan panggilan yang terenkripsi end-to-end. Enkripsi atau pengamanan menggunakan Signal Protocol menggunakan Open Whisper Systems.

Chat yang terenkripsi bisa dicoba di fitur "Private Conversation" yang bisa ditemukan di menu "compose" atau bisa juga dari profile akun yang akan dikirimi pesan.

Metode enkripsi dibutuhkan agar pesan yang terkirim tidak mudah dicegat atau disadap di tengah-tengah, mulai dari saat dikirim hingga diterima.

Nantinya, setiap kali pengirim menggunakan Private Conversation, penerima pesan akan mendapatkan sebuah undangan.

Enkripsi ini agaknya berbeda dengan yang berlaku di platform lain seperti WhatsApp. Sebab enkripsi dalam Skype sifatnya opsional, bukan bersifat default.

Namun tidak ada salahnya untuk mengandalkan fitur enkripsi ini demi keamanan percakapan yang sensitif.