Find Us On Social Media :

Pendiri Alibaba Jack Ma Putuskan Pensiun, Siapa Penggantinya?

By Adam Rizal, Senin, 10 September 2018 | 10:29 WIB

ki-ka : Jack Ma (Pendiri Alibaba) menunjuk Daniel Zhang (CEO Alibaba) sebagai Chairman of the Board Alibaba Group

Jack Ma (Pendiri Alibaba) memutuskan pensiun dari perusahaan yang telah membesarkan namanya sebagai pengusaha sukses dan orang terkaya di Tiongkok dan saat ini Ma masih menjabat sebagai kepala eksekutif di Alibaba.

Berdasarkan data Bloomberg, kekayaan Jack Ma sebanyak USD40 miliar atau sekitar Rp592 triliun dan memasukannya ke 19 dalam daftar orang terkaya dunia

Ma memastikan keputusan pengunduran dirinya sudah dipikirkan dengan matang dan ia menyangkal anggapan jika keputusan pensiun lantaran bisnis yang sedang surut.

Lantas, apa yang akan dilakukan Jack Ma setelah pensiun dengan kekayaannya?.

"Ada banyak hal yang saya ingin lakukan untuk mendedikasikan waktu saya, yaitu pendidikan, lingkungan, dan filantropi," katanya seperti dikutip South China Morning Post.

Setelah meletakan jabatannya sebagai CEO pada 2013, Ma sudah menghabiskan waktunya sebanyak 40 persen untuk berkeliling dunia untuk berbicara mengenai isu globalisasi, potensi teknologi yang mampu meningkatkan taraf hidup serta sejumlah kegiatan filantropi.

Ma mengurusi sejumlah proyek amal dalam bidang pendidikan dan lingkungan. Di Tiongkok, Ma menjadi tokoh yang sangat terkenal di industri internet, begitu juga di kultur pop.

Meskipun pensiun, analis dan pelaku industri menilai Jack Ma tetap akan terlibat dalam dunia e-commerce.

Sang Penerus

Alibaba langsung menunjuk Daniel Zhang (CEO Alibaba) yang akan menggantikan posisi Jack Ma. Zhang akan meneruskan kepemimpinan Jack Ma sebagai Chairman of the Board Alibaba Group pada 10 September 2019.

Jack Ma sendiri akan terus menjabat sebagai Executive Chairman perusahaan selama 12 bulan ke depan untuk memastikan transisi kepemimpinan kepada Daniel Zhang berjalan mulus.

Jack Ma juga akan menuntaskan tugasnya yang saat ini sebagai anggota Board of Directors Alibaba Group hingga Rapat Umum Pemegang Saham perusahaan 2020.