Find Us On Social Media :

Medan Smart City: Satu Situs Beragam Informasi untuk Masyarakat Medan

By Administrator, Senin, 10 September 2018 | 11:08 WIB

Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si, Walikota Medan

Demi mempermudah masyarakatnya dalam mendapatkan berbagai informasi dan pelayanan dari Pemkot (Pemerintah Kota) Medan, sudah sejak tahun lalu Pemkot Medan menjawab hal itu dengan menghadirkan sebuah situs yakni http://smartcity.pemkomedan.go.id/. Tidak ketinggalan, Kehadiran situs ini juga sebagai langkah untuk mewujudkan program Smart City di wilayah kota Medan.

Di dalam situs ini, masyarakat kota Medan dapat menemukan beberapa fitur yang mempermudah akses ke pelayanan seperti Pelayanan Perizinan, LPSE Kota Medan, Daftar Akte Kelahiran Online, E-STS, E-Perencanaan Kota Medan, Perhitungan Restribusi IMB, dan fitur-fitur lainnya.

Selain itu, masyarakat juga dapat mengetahui kegiatan atau aktivitas dari Pemkot Medan dengan mengakses berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, hingga Youtube dari tautan yang tersedia di halaman situs ini.

Terima Aduan Masyarakat Lewat Aplikasi

Pemkot Medan terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi setiap masyarakatnya. Selain menghadirkan situs untuk mendukung Smart City, Pemkot Medan juga telah menghadirkan berbagai aplikasi-aplikasi berbasis Android untuk mempermudah masyarakatnya. Salah satu contoh dari aplikasi tersebut yakni aplikasi Medan Rumah Kita.

Walikota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si, mengatakan bahwa aplikasi Medan Rumah Kita ini hadir sebagai wadah bagi masyarakat Medan untuk mengadukan berbagai keluhan yang dialami dan ditemui di sekitar kota Medan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, masyarakat Kota Medan tidak perlu repot lagi mendatangi kantor pemerintahan untuk sekedar mengadukan berbagai jenis persoalan. Semua jenis aduan dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi ini seperti pengaduan jalan rusak, lampu penerangan jalan yang mati, parkir liar dan berbagai aduan lainnya.

“Kedepannya, aplikasi ini akan terus kami perbaharui. Supaya bisa semakin mempermudah dan mempercepat masyarakat dalam menyampaikan berbagai laporan,” tambahnya.

Mengenai pelayanan-pelayanan dalam bentuk aplikasi, sampai saat ini total sudah ada 67 aplikasi baik yang bersifat publik maupun pemerintahan yang ada di kota Medan. 

Tidak hanya menghadirkan situs dan aplikasi-aplikasi saja, demi mewujudkan keamanan dan pengawasan dalam berlalu lintas setiap masyarakatnya, sejak beberapa tahun belakangan Pemkot Kota Medan juga telah bekerjasama dengan Dishub (Dinas Perhubungan) Kota Medan untuk menggunakan sistem ATCS (Area Traffic Control System).

Seperti diketahui, kota medan merupakan salah satu kota/kabupaten yang terpilih untuk mengikuti program ”Gerakan Menuju 100 Smart City” dari Kementerian Komunikasi dan Informasi. Dalam menjalankan program ini, Pemkab dan Dinkominfo Kota Medan akan mendapat bimbingan dari Prof. Ir. Achmad Djunaedi, MURP., Ph.D. dari Universitas Gadjah Mada dalam menyusun Masterplan Smart City di Kota Medan.

Lebih lanjut, dalam proses Penyusunan juga akan melibatkan berbagai pihak, seperti para Pimpinan Daerah, DPRD, OPD, Setda, DPRD, BUMN, BUMD, akademisi, dan pihak-pihak penting terkait lainnya.