Find Us On Social Media :

Borrys Hasian: Empat Hal Penting dalam Mendesain UI/UX yang Menarik

By Rafki Fachrizal, Senin, 10 September 2018 | 11:24 WIB

Borrys Hasian, Google Expert di Bidang UI/UX

UI (User Interface) dan UX ( User Experience), merupakan dua hal penting yang perlu diperhatikan ketika mengembangkan sebuah aplikasi maupun website.

Mengapa dikatakan penting? Contoh alasannya, kita bisa lihat dari kesuksesan dari aplikasi atau website yang populer saat ini bahwa salah satu faktornya dipengaruhi dengan desain UI/UX menarik yang mendukung di dalamnya.

Tidak hanya itu, desain UI/UX dari aplikasi atau website yang menarik juga berperan untuk memberi pengalaman dan kepuasan berbeda untuk setiap pengguna, yang pada akhirnya dapat meningkatkan bisnis dari aplikasi atau website itu sendiri.

Nah, berbicara mengenai desain UI/UX yang menarik, InfoKomputer mendapat kesempatan sedikit berbincang dengan salah satu Google Expert (Pakar Google) di bidang UI/UX yaitu Borrys Hasian.

Bagi yang belum mengenal sosoknya, Borrys Hasian sendiri merupakan pakar Google UI/UX pertama yang berasal dari Indonesia dan juga merupakan pelopor dari Global Google Launchpad di bidang UX/UI.

Sama seperti sebelumnya di awal, Borrys mengungkapkan bahwa UI/UX sangat memiliki peran penting dalam sebuah aplikasi atau website. “Kenapa penting? Karena apa yang users lihat dan gunakan adalah interface. Sebagus apapun business plan atau teknologi di belakangnya, jika interface-nya buruk, ya semua jadi buruk. Buruk disini juga bukan hanya soal visual design-nya saja. Flow lebih penting lagi,” kata Borrys.

Empat Hal yang Perlu Diperhatikan

Memiliki banyak pengalaman karir pada bidang UI/UX di berbagai perusahaan, Borrys pun membagikan prinsip yang selalu ia pegang selama ia berkecimpung dalam dunia desain UI/UX. “Untuk saya sendiri, dalam mendesain itu saya menggunakan empat prinsip yaitu meaningful, engaging, simple dan bold,” ujar Borrys.

Sedikit informasi, Borrys kini merupakan Director of Design untuk International Group di Singtel yang berbasis di negara Singapura. Selain itu, Borrys juga merupakan salah satu Global Mentor (Product Design) berbagai startup dari seluruh dunia untuk program Google Launchpad Accelerator di Silicon Valley, Amerika Serikat.

(Simak kisah menginspirasi Borrys Hasian selama berkarir di bidang UI/UX dalam majalah InfoKomputer edisi September 2018)