Find Us On Social Media :

Yuk Melirik Sejarah Singkat di Balik Kehadiran Google Doodle

By Rafki Fachrizal, Rabu, 12 September 2018 | 18:53 WIB

Ilustrasi Google Doodle

Pernahkan Anda memperhatikan gambar yang terkadang muncul pada halaman utama beranda Google? Jika iya, itu adalah Google Doodle. Seperti diketahui, Google Doodle ini selalu berubah-ubah setiap waktunya sesuai dengan perayaan yang sedang dirayakan.

Untuk diketahui, Google Doodle sendiri merupakan sebuah logo yang biasa kehadirannya untuk menghormati dan merayakan berbagai peristiwa penting. Selain itu, kehadiran logo ini juga biasanya untuk memperingati hari lahirnya para seniman, pelopor dan juga ilmuwan-ilmuwan terkenal yang berasal dari berbagai belahan dunia.

Jika flashback ketahun 1998, pada masa tersebut merupakan tahun pertama kalinya Google Doodle muncul. Konsep Google Doodle pertama kali lahir dari para pendiri Google, yaitu Larry Page dan Sergey Brin. Hal itu terlihat dari desain pertama dari Google Doodle, di mana mereka meletakkan gambar stick man di belakang huruf "o" kedua di dalam kata Google.

Menariknya, maksud dari desain doodle pertama itu memberi isyarat bahwa para pendiri Google sedang di luar kantor alias sedang liburan ke acara festival Burning Man di Nevada. Jadi, logo ini bermaksud seakan-akan tidak akan ada yang bisa membantu para penggunanya jika mengalami kendala teknis ketika menggunakan browser Google.

Dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2000, Larry dan Sergey meminta desainer grafis yaitu Dennis Hwang, yang dulunya merupakan karyawan magang untuk membuatkan doodle untuk merayakan hari Bastille. Tidak disangka, pengguna Google menyambut baik doodle tersebut dan semenjak itu jugalah Google semakin sering untuk menghadirkan doodle di beranda situsnya.

Pada awalnya, sebagian besar doodle-doodle yang dihasilkan hanya menampilkan perayaan dari hari-hari besar yang diketahui orang-orang secara umum. Namun seiring dengan perkembangannya, hingga kini doodle juga mengangkat berbagai macam peristiwa dan hari jadi, mulai dari ulang tahun tokoh-tokoh populer, hari perayaan sebuah agama, hingga hari kemerdekaan sebuah negara.

Sampai saat ini, tim Google telah membuat lebih dari 2000 gambar doodle yang telah ditampilkan di halaman beranda search engine. Oh ya, untuk proses pemilihan tokoh atau peristiwa yang akan dibuat, tim ilustrator di Google akan secara rutin berkumpul untuk melakukan brainstorming dan memutuskan peristiwa atau hari jadi apa yang akan dirayakan dengan Google Doodle.

Selain dari karya-karya tim ilustratornya, kita juga dapat memberikan usul atau saran mengenai perayaan menarik apa yang ingin dihadirkan di Google Doodle dengan mengirimkan email ke proposals@googles.com. Tidak hanya itu, kita juga bisa mengikuti kompetisi Doodle4Google yang merupakan kompetisi membuat Google Doodle untuk umum yang juga memberikan hadiah menarik untuk setiap pemenangnya.

Itu tadi cerita singkat di balik awal munculnya Google Doodle. Nah, kalau berikut ini adalah beberapa doodle menarik yang pernah dihadirkan di halaman beranda Google:

  1. Google Doodle Animasi Pertama yaitu Sir Isaac Newton

Sir Isaac Newton, pencetus hukum gravitasi. Doodle ini diciptakan untuk menghormati hari ulang tahunnya yang ke-367. Saat itu, Google Doodle tersebut tidak menggunakan format flash dan bukan pula berformat GIF. Namun, rahasianya adalah dua buah gambar dan sedikit kode JavaScript untuk menghasilkan doodle tersebut.

  1. Game Pac-Man, Google Doodle Interaktif Pertama

Memperingati hari jadinya yang ke-30, pihak Google menunjukkannya dengan menghadirkan mini game Pac-Man di halaman beranda Google. Tidak hanya menjadi sebuah gambar saja, doodle ini juga bisa dimainkan oleh setiap pengunjung situs Google.

  1. Doodle dengan Tokoh dari Indonesia

Tokoh-tokoh dari Indonesia yang pernah muncul menjadi Google Doodle di antaranya ialah Dewi Sartika, R.A., Kartini, Ki Hajar Dewantara, Pramoedya Ananta Toer, Samsun Samadikun, Ibu Soed, Dewi Sartika, Bagong Kuusdiarja dan tokoh-tokoh lainnya.