Find Us On Social Media :

Inilah Daftar Negara yang Pertama Kebagian iPhone XS, Indonesia?

By Adam Rizal, Jumat, 14 September 2018 | 11:00 WIB

Apple resmi meluncurkan ponsel flagshipnya iPhone XS, dan iPhone XS Max

Tiga lini iPhone X baru resmi diluncurkan Apple dalam acara Apple Event Gather Round yang berlangsung dini hari tadi, Kamis. Diurutkan dari spesifikasi terendah, ketiganya menyandang nama iPhone XR, iPhone XS dan iPhone XS Max.

Di kampung halamannya, Amerika Serikat, Apple mematok angka mulai dari 749 dollar AS atau sekitar Rp 10,7 jutaan untuk iPhone XR, 999 dollar AS sekitar Rp14,3 jutaan untuk iPhone XS, dan 1.099 dollar AS sekitar Rp 15,8 jutaan untuk iPhone XS Max.

Harga tersebut dipatok untuk model konfigurasi memori paling rendah yakni 64 GB. Tentu saja, harga tersebut akan berubah di negara lain, sesuai dengan pajak yang berlaku di setiap negara.

Distribusi lini iPhone baru akan dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama meliputi 30 negara pertama, dimana pre-order dimulai pada 14 September dan akan mulai tersedia pada 21 September.

Mereka adalah Austria, Belgia, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, Irlandia, Italia, Luxemburg, Belanda, Norwegia, Portugal, Arab Saudi, Spanyol, Swedia, Swiss, Uni Emirat Arab, Australia, China, Hong Kong, Jepang, Selandia Baru, Singapura, Taiwan, Kanada, Meksiko, Puerto Rico, AS, dan Kepulauan Virgin Amerika Serikat.

Gelombang kedua akan menyasar ke 29 negara, di mana ketersediaan perangkat dijadwalkan pada 28 September mendatang. Negara tersebut adalah Andora, Armenia, Bahrain, Bulgaria, Kroasia, Siprus, Republik Ceko, Estonisa, Georgia, Yunani, Greenland, Hungaria, Islandia, India, Kazakhstan, Kuwait, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Malta, Monako, Oman, Polandia, Qatar, Rumania, Rusia, Slovakia, Slovenia, dan Afrika Selatan.

Indonesia lagi-lagi tidak masuk daftar dua gelombang tersebut. Negara terdekat Indonesia yang mendapat kesempatan pertama adalah Singapura, Hong Kong, dan Jepang seperti dikutip GSM Arena. Khusus untuk model iPhone XR, distribusinya akan mengalami penundaan, dan dijanjikan akan mulai tersedia pada 26 Oktober mendatang. Model tersebut sejatinya tidak jauh dari dua model di atasnya, iPhone XS dan iPhone XS Max.

Hanya saja di beberapa sektor spesifikasinnya lebih rendah. Seperti panel yang digunakan, yakni LCD meski mengusung bentang 6,1 inci.

iPhone XR juga hanya menyematkan kamera tunggal dan meniadakan fitur 3D Touch yang menjadi andalan flagship Apple.

Sementara dua model lain, yakni iPhone XS dan iPhone XS Max, sama-sama dibekali layar panel OLED dengan bentang 5,8 dan 6,5 secara berurutan. Beberapa peningkatan dari iPhone X 2017 dibawa keduanya.

Seperti prosesor A12 dengan arsitektur 7 nm, kamera ganda 12 megapiksel (wide dan tele), serta mendukung dual-SIM.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daftar Negara yang Pertama Kebagian iPhone XR, iPhone XS, dan XS Max".