Find Us On Social Media :

Melirik Fitur-fitur Kamera yang Ada di Jajaran iPhone Terbaru

By Rafki Fachrizal, Jumat, 14 September 2018 | 16:30 WIB

Philip W. Schiller, Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple

Beberapa waktu lalu, Apple baru saja meluncurkan tiga varian iPhone anyar terbarunya. Dengan spesifikasi yang ditawarkan, deretan iPhone terbaru ini memiliki beberapa peningkatan dibeberapa bagian.

Di sektor kamera misalnya, iPhone ini mengadopsi dual kamera dengan lensa sebesar 12 megapiksel untuk kamera belakang (wide angle dan telephoto) dan 7 MP untuk kamera depannya.

Kamera utama dari iPhone ini memiliki sensor baru yang lebih besar. Modul ini menawarkan pitch piksel 1,4 mikrometer, naik dari pitch piksel 1,22 mikrometer yang biasa ditemukan di smartphone iPhone X.

Dikutip dari Apple Insider,  mengatakan, “Kenaikan hampir 20 persen dalam kedalaman pixel ini akan sangat membantu terhadap sensitivitas cahaya.”

Dalam varian iPhone terbarunya ini, iPhone XR, XS, dan Max XS telah menggunakan prosesor A12 Bionic dengan fabrikasi 7nm. Seperti diketahui, A12 Bionic adalah chip terbaru yang merupakan peningkatan dari chip terdahulunya yaitu A11 Bionic.

Tidak hanya itu, jajaran iPhone ini juga telah mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) Neural Engine 8-Core yang memiliki kemampuan untuk mempercepat kinerja iPhone-iPhone ini.

"Chip ini dapat meningkatkan kinerja iPhone untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan, seperti augmented reality, gaming, fotografi, hingga Face ID,” ujar Philip.

Untuk kebutuhan fotografi di iphone ini sendiri misalnya, teknologi Neural Engine 8-core berperan besar dalam pengambilan dan memproses gambar yang diambil. Sebagai contoh, teknologi ini dapat membantu pengenalan wajah, penandaan wajah dan juga segmentasi gambar.

Segmentasi gambar ini membantu memisahkan subjek dari latar belakang dan kemungkinan apa yang digunakan untuk mensimulasikan foto Potrait Mode pada iPhone XR, tetapi dengan pengaturan satu lensa tentunya.

Salah satu fitur kamera yang menarik di iPhone terbaru ini adalah mode potrait lanjutan. Fitur yang diperbaharui ini sekarang memungkinkan setiap pengguna untuk dapat menyesuaikan kedalaman bidang di sebuah foto. Dengan demikian, pengguna dapat mengatur seperti apa efek blur dari tampilan latar foto yang mereka diinginkan.

Fitur baru lainnya yaitu Smart HDR, berbeda dengan fitur HDR biasanya, dengan fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto HDR yang bagus walaupun subjek dalam foto dalam keadaan yang bergerak. Diketahui, fitur ini belum pernah ada di iPhone-iPhone sebelumnya dan ini menjadi standar di  iPhone XR, XS dan XS Max.

Selanjutnya, ada fitur Flash TrueTone yang baru ditingkatkan yang sangat berguna untuk membantu mencerahkan foto yang memiliki pencahayaan yang kurang.

Terakhir, Untuk kemampuan videonya, iPhone anyar ini memungkinkan pengguna merekam video 4K hingga 60fps dengan kamera belakang, sedangkan untuk kamera depan memiliki stabilisasi yang memungkinkan pengguna untuk mengambil video HD 1080p hingga 60 fps.