Find Us On Social Media :

Bos Huawei Prediksi Ponsel Lipat akan Gantikan Fungsi Komputer

By Adam Rizal, Senin, 17 September 2018 | 15:00 WIB

Richard Yu (CEO Huawei)

Saat ini vendor smartphone berlomba-lomba menggarap ponsel lipat untuk mencari celah pasar baru dan Huawei sudah mengonfirmasi akan meluncurkannya pada tahun depan

Richard Yu (CEO Huawei) mengungkapkan prospek bisnis penjualan ponsel lipat di masa depan.

Kepada surat kabar Jerman, Die Welt, Yu memprediksi ponsel pintar berdesain lipat akan menjadi perangkat sempurna untuk menggantikan komputer.

"Alasan orang masih menggunakan komputer karena layar smartphone yang ada saat ini masih tergolong terlalu kecil untuk melakukan aktivitas dengan nyaman. Ponsel lipat Huawei akan mengubah pengalaman tersebut," katanya seperti dikutip BBC.

Selain itu, Yu mengatakan para vendor smartphone bisa memasang layar yang lebih besar pada ponsel lipatnya sehingga bisa menggantikan peran komputer. Apalagi, penetrasi penjualan smartphone sangat meningkat pesat saat ini.

"Perkembangan smartphone saat ini sangat canggih sehingga banyak pengguna yang mengandalkannya untuk aktivitas sehari-hari," ucapnya.

Rencananya, ponsel lipat Huawei bakal termasuk kategori premium dan memakai panel layar OLED fleksibel bikinan BOE Technology Group, salah satu pemasok komponen dari China.

“Upaya (membuat ponsel lipat) ini sebagian besar dimaksudkan sebagai demonstrasi kemampuan teknologinya, sekaligus menarik perhatian industri dan media,” sebut keterangan seorang sumber dalam di industri teknologi, seperti dirangkum dari Nikkei Asian Review.

April lalu, Huawei memang diketahui telah mematenkan desain ponsel lipat berbentuk mirip buku. Paten ini sudah diajukan pada 2017. Soal tanggal rilis, ponsel lipat ala Huawei diprediksi sudah akan mulai dijual pada “awal 2019”.

Namun, jumlahnya mungkin tak banyak, hanya di kisaran 20.000 hingga 30.000 unit atau kurang. Belum diketahui apakah kualitas layar fleksibel buatan BOE Technology sebanding dengan layar serupa dari Samsung.

Yang jelas, BOE Technology merupakan salah satu pabrikan panel display TV terbesar di dunia.

Belakangan BOE juga mulai melebarkan sayap ke industri panel layar OLED yang selama ini didominasi Samsung. Kelebihan OLED dibandingkan layar LCD konvensional antara lain terletak pada sifatnya yang bisa dibentuk melengkung, tak harus rata dan kaku.

Soal ponsel lipat dari Samsung, perangkat tersebut kabarnya bakal dirilis pada paruh pertama 2019 untuk menandai ulang tahun ponsel seri Galaxy S dari sang pabrikan. Karena itu namanya disebut-sebut sebagai “Galaxy X”.