Find Us On Social Media :

Canon Luncurkan Kamera Mirrorless Full-Frame EOS R dan Lensa RF

By Adam Rizal, Rabu, 19 September 2018 | 18:00 WIB

Tampak pada gambar (kiri-kanan): Ivan Mario (Fotografer Profesional), Roni Bachroni (Fotografer Profesional), Merry Harun – Canon Division Director pt. Datascrip, Mahatma Putra (Cinematographer) dan Misbachul Munir (Fotografer Profesional) berfoto bersama pada saat Press Conference & Launching Canon Mirrorless Camera EOS R di Jakarta, Selasa, (18/9).

Canon melalui pt. Datascrip sebagai distributor tunggal meluncurkan Sistem EOS R generasi terbaru yaitu kamera mirrorless Canon EOS R.

Canon juga memperluas sistem EOS melalui mount 54 mm dengan mengadirkan empat seri lensa RF (RF 50mm f/1.2L USM, RF 24-105mm f/4L IS USM, RF 28-70mm f/2L USM, RF 35mm f/1.8 IS STM). Merry Harun (Canon Division Director, pt. Datascrip) mengatakan terobosan sistem EOS R memberikan kemudahan dan keleluasaan bagi pengguna dalam berkreativitas untuk menyempurnakan fotografi dan videografi ke tingkat yang lebih tinggi.

"Sistem EOS R menghadirkan kesempurnaan optik untuk menghasilkan gambar dengan kualitas istimewa," katanya dalam siaran persnya, Rabu.

Kamera mirrorless full-frame 35 mm itu mengusung sensor CMOS 30,3 megapixel dan prosesor gambar DIGIC 8 dengan kecepatan fokus 0,05 detik sehingga menghasilkan gambar beresolusi tinggi dengan kualitas yang tajam dan detail.

Kamera itu memiliki rentang ISO yang lebar ISO 100-400.000 sehingga memudahkan pengambilan gambar di berbagai kondisi pencahayaan, termasuk kondisi minim cahaya tanpa perlu khawatir dengan gangguan noise.

"Kamera ini memiliki desain yang ergonomis sehingga nyaman dan kokoh digenggam. Apalagi dipadukan dengan material magnesium alloy yang melindungi kamera dari radiasi elektromagnetik," ucapnya.

Canon EOS R juga mempunyai teknologi Digital Lens Optimizer untuk menyempurnakan hasil bidikan dengan koreksi diffraction, aberration, dan peripheral illumination.

Canon juga menyematkan teknologi Dual Pixel RAW (DPRAW) yang membuat pengolahan foto berformat RAW lebih detail dan presisi saat menggunakan program pendukung Digital Photo Professional.

"Dengan teknologi canggih ini, fotografer dapat menyesuaikan tingkat ketajaman dan resolusi subjek, mengatur posisi efek bokeh yang diinginkan, hingga mengurangi efek ghosting dan flare pada hasil foto," pungkasnya.

Canon EOS R dapat merekam video dalam Ultra High Definition 4K pada 30p/25p (3840 x 2460), yang dapat diaplikasikan di dunia broadcast maupun sinema. Kamera itu juga didukung Canon Log yang telah terbukti hasilnya pada Cinema EOS System.