Find Us On Social Media :

Xiaomi Rilis Harga dan Ketersediaan Mi A2 dan Mi A2 Lite di Indonesia

By Dayu Akbar, Jumat, 21 September 2018 | 08:36 WIB

Setelah merilis Mi A1 kurang lebih setahun yang lalu, Xiaomi kembali meluncurkan suksesor dari seri tersebut melalui seri Mi A2. Kali ini Mi A2 hadir dalam dua seri dan tiga varian. Mi A2 dengan kapasitas 4 GB RAM dan 64 GB ROM, serta Mi A2 Lite yang hadir dalam dua pilihan, yaitu versi 3 GB RAM dan 32 GB ROM serta 4 GB RAM dan 64 GB ROM.“Indonesia merupakan bagian besar dari kesuksesan Mi A1, dan kami yakin kesuksesan yang sama terjadi untuk Mi A2 dan Mi A2 Lite di Indonesia,” ungkap Steven Shi, Head of Xiaomi South Pacific Region, Xiaomi Indonesia Country Manager. “Kedua perangkat hadir sebagai jawaban dari kebutuhan akan smartphone fotografi yang powerful.”Sebagai seri yang lebih tinggi, Mi A2 menggunakan chipset Snapdragon 660 dengan Artificial Intelligence Engine. Dengan arsitektur Kryo serta digabungkan dengan LPDDR4x RAM hingga 6GB, Mi A2 menawarkan perpaduan antara kinerja dan efisiensi daya.Mi A2 memiliki layar berukuran 5,99 inci dengan full screen display 18:9 yang telah dilindungi oleh 2.5D Corning Gorilla Glass 5. Hadir dengan fisik bodi alumunium yang didesain secara elegan, serta panel belakang melengkung yang meruncing ke empat sisinya. Berukuran hanya setebal 7.3mm, Mi A2 menawarkan estetika dan ergonomis.Fotografi menjadi hal yang diunggulkan di Mi A2. Berbekal dual kamera, kamera belakangnya memiliki resolusi 20 MP yang dilengkapi sensor Super Pixel dengan bukaan besar f/1.75, untuk memberikan hasil foto lebih jelas dan cerah dalam kondisi minim cahaya. Digabungkan juga dengan kamera pendukung beresolusi 12 MP berukuran piksel besar 1.25μm dan bukaan f/1,75, yang mampu menghasilkan efek bokeh yang rapi dan mulus. Pengguna juga dapat memilih secara manual kamera belakangnya, 20 MP atau 12 MP sesuai dengan pencahayaan di lingkungan sekitar, misalnya pengguna dapat beralih ke sensor 20 MP saat hendak mengambil foto dalam kondisi minim cahaya guna memanfaatkan ukuran piksel besar 2,0μm untuk hasil foto yang lebih terang.

Untuk kamera depan, Mi A2 memiliki sensor dengan resolusi 20 MP yang memiliki fitur teknologi Super Pixel dengan menggabungkan empat piksel menjadi satu piksel besar berukuran 2.0µm, sehingga dapat meningkatkan sensitivitas sensor cahaya guna menghasilkan gambar lebih jelas serta cerah meskipun dalam kondisi minim cahaya. Selain itu, kamera depan juga dilengkapi dengan efek AI Portrait, AI Beautify 4.0 danHDR, serta Selfie-light 4500K, yang akan sangat memudahkan pengguna untuk mendapatkan selfie yang lebih baik.Sebagai seri yang lebih rendah, Mi A2 Lite memiliki beberapa spesifikasi yang mirip dengan Mi A1. Diantaranya penggunaan chipset yang masih menggunakan Snapdragon 625. Untuk layarnya, versi Lite ini memiliki ukuran 5,84 inci dengan resolusi full HD+. Layarnya juga dirancang dengan berbagai macam fitur yang sangat bermanfaat seperti Auto Contrast, Reading Mode, dan Night Mode.Mi A2 Lite menggunakan dual kamera AI 12MP+5MP, dengan sensor utama 12MP dan ukuran piksel besar 1.25µm serta dilengkapi dengan fitur phase-detection autofocus (PDAF) untuk autofocus yang cepat dan akurat. Perangkat ini pun dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 5MP yang mendukung mode AI Portrait sehingga dapat menghasilkan foto dengan efek bokeh bahkan tanpa lensa pendukung.Dibekali baterai berkapasitas 4.000 mAh, Mi A2 Lite dapat bertahan hingga 6 jam untuk bermain game dan hingga 34 jam untuk memutar musik secara non-stop. Kemampuan ini juga didukung oleh fitur power-efficient Qualcomm Snapdragon 625, yang memberikan Mi A2 Lite kemampuan untuk bermain game 3D dengan lancar namun tetap hemat baterai.Sebagai perangkat Android One, Mi A2 dan Mi A2 Lite menjalankan Android 8.1 murni, dengan inovasi perangkat lunak terbaru buatan Google, seperti baterai pintar yang dapat menyesuaikan pemakaian dengan kebiasaan pengguna. Kedua perangkat ini pun akan membuat pengguna lebih mudah dalam mencari jawaban dan menyelesaikan pekerjaan dengan bantuan Google Assistant dan Google Lens.

Dari segi keamanan, pengguna akan mendapatkan pembaruan sistem keamanan setiap bulan dan Google Play Protect bawaan. Selain itu, Mi A2 dan Mi A2 Lite mendukung Project Treble Google, yang menghasilkan sistem pembaruan lebih mudah serta cepat dibandingkan perangkat Android lain, sehingga pengguna dapat merasakan kecanggihan fitur terbaru.Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 Lite tersedia secara online dan offline, juga tersedia secara eksklusif di Lazada mulai 27 September dan Mi.com serta di seluruh Authorized Mi Store. Dari sisi harga, Mi A2 dilepas dengan harga Rp3.699.000, sedangkan Mi A2 Lite versi 3/32 GB dan 4/64 GB, masing-masing dijual dengan harga Rp2.499.000 dan Rp2.999.000.