Find Us On Social Media :

Berapakah Kecepatan Akses Broaband Layanan WPON Nokia di Indonesia?

By Adam Rizal, Sabtu, 22 September 2018 | 07:00 WIB

Ilustrasi Menara BTS

Nokia dan XL Axiata sukses menggelar uji coba layanan Wireless PON (WPON) pertama di Indonesia.

Sebelumnya, XL Axiata sukses menghadirkan layanan nirkabel gratis berkecepatan tinggi kepada para atlet lokal dan internasional yang mengikuti kompetisi olahraga regional di Kota Tua, Jakarta.

Yessie D. Yosetya (Director Technology, XL Axiata) mengatakan solusi WPON dari Nokia adalah jawaban sempurna untuk menarik kabel fiber lebih jauh dari sebelumnya dan memastikan setiap pelanggan menikmati layanan Internet dan TV berkecepatan tinggi.

"Solusi ini menyediakan layanan broadband terjangkau di luar jangkauan jaringan fiber kami dan meningkatkan literasi digital serta mendukung usaha kecil dan menengah," katanya.

Teknologi WPON Nokia berhasil memberikan kecepatan akses broadband agregat 1Gpbs.

Teknologi WPON menggabungkan Pasif Optical Networks (PON) dengan WiGig, suatu standar 60 GHz berkecepatan tinggi, atau dikenal juga sebagai 802.11ad.

Dengan WPON, XL Axiata dapat memperluas jangkauan jaringan fibernya dengan menghubungkan ke titik Akses WPON yang menghubungkan endpoint dengan jaringan nirkabel.

Teknologi WPON juga menggunakan Beamforming untuk menghadirkan koneksi yang dapat handal hingga kecepatan 1 Gbps.

Dengan kemampuan untuk menghubungkan beberapa access point secara berurutan, XL Axiata mampu membawa jaringan fiber ke jalanan dan memperluas jaringan tanpa tambahan biaya.

"XL Axiata akan menggunakan teknologi ini untuk menghadirkan layanan ultra-broadband terbaru itu ke daerah-daerah pemukiman di kota-kota besar lain di Indonesia dengan harga yang bersaing," ujarnya.

Robert Cattanach (President Director of Nokia Indonesia) mengatakan Nokia sangat antusias berkolaborasi dengan XL Axiata untuk menyediakan uji coba layanan PON Nirkabel pertama di Indonesia dan di kawasan Asia Pasifik dan Jepang.

" Solusi WPON kami akan membantu XL Axiata mengurangi biaya dan dengan cepat memberikan akses broadband berkecepatan tinggi ke area pemukiman yang dilayani XL Axiata," ujarnya.

"Ini memberikan fleksibilitas yang sangat dibutuhkan pada konektivitas last mile, memungkinkan kami untuk membuat jaringan berkinerja tinggi bagi XL Axiata," pungkasnya.