Find Us On Social Media :

Amazon Akan Mendirikan Data Center di Indonesia Senilai Rp.14 triliun

By Wisnu Nugroho, Minggu, 23 September 2018 | 22:37 WIB

AWS Data Center siap Dibangun di Indonesia

Kabar baik datang dari pertemuan Presiden RI Joko Widodo dengan Amazon Vice-President, Werner Vogels. Dalam pertemuan yang berlangsung Jumat (21/9) kemarin, Amazon mengungkapkan rencananya membangun data center Amazon Web Services (AWS) di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, nilai investasinya mencapai US$1 miliar atau sekitar Rp.14 triliun.

Investasi bernilai fantastis tersebut kabarnya akan disebar dalam periode 10 tahun.

Sampai saat ini, AWS adalah penguasa pasar data center global dengan market share di angka 41,5%. Di Asia sendiri, Amazon sudah membangun data center-nya di India, Korea Selatan, Jepang, dan Singapura.

Masuknya AWS di Indonesia sedikit banyak disebabkan semakin menjanjikannya pasar Indonesia. Jika berkaca dari data Statista, belanja layanan cloud perusahaan Indonesia di tahun 2018 mencapai US$1,3 miliar, naik signifikan dari belanja tahun 2012 yang hanya US$160 juta.

Faktor pendorong lainnya adalah Peraturan Pemerintah No. 82 yang mewajibkan perusahaan Indonesia menyimpan data penting konsumen di ranah hukum Indonesia. Dengan memiliki data center yang berlokasi di Indonesia, AWS akan menjadi pilihan favorit bagi perusahaan Indonesia (seperti perbankan atau e-commerce) yang harus mematuhi aturan tersebut.

Dalam konteks yang lebih luas, investasi AWS di Indonesia akan “menekan” pesaing AWS seperti Microsoft Azure atau Google Cloud Platform untuk melakukan hal yang sama. Sampai saat ini, Microsoft dan Google terlihat masih enggan membangun data center di Indonesia dengan berbagai alasan.

Bahkan baru-baru ini Google mengumumkan rencana memperluas data center mereka di Singapura, dari dua menjadi tiga gedung. Padahal, banyak pengguna Google Cloud Platform yang berlokasi di Indonesia (seperti Go-Jek).

Jika rencana AWS membangun data center di Indonesia benar terwujud, seharusnya pesaing AWS juga akan tergoda untuk melakukan hal yang sama. Dengan begitu, investasi di tanah air meningkat, kebutuhan talenta akan melonjak, dan industri TI di Indonesia pun akan sangat bergairah.

Semoga saja rencana AWS tersebut benar terwujud.