Find Us On Social Media :

Bukan Instagram, Pedagang Paling Suka Jualan di WhatsApp dan Facebook

By Adam Rizal, Senin, 24 September 2018 | 14:00 WIB

Ilustrasi Facebook dan WhatsApp

PayPal melaporkan sebuah survei berjudul 'Beyond Networking: Social Commerce as a Driver of Digital Payments' yang mengungkap aplikasi media sosial favorit pilihan pelanggan.

PayPal mensurvei tujuh pasar di Asia yaitu India, Thailand, Tiongkok, Hongkong, Filipina, Indonesia dan Singapura dengan koresponden sebanyak 4000 konsumen dan 1400 pedagang.

Hasilnya, para pedagang menggunakan situs jejaring sosial Facebook dan layanan pesan WhatsApp sebagai media bisnis online.

Sekitar 89 persen pedagang di India lebih menyukai Facebook dan 83 persennya menggunakan WhatsApp sebagai platform bisnis online-nya.

Sedangkan, 69 persen para pedagang menggunakan aplikasi Facebook Messenger. Untuk plaftrom Instagram tidak dijelaskan berapa angkanya namun sudah mulai tumbuh penggunaannya.

Selain India, Indonesia dan Filipina dilaporkan ada lebih dari 90 persen telah menggunakan Facebook sebagai platform bisnis jual beli online.

"Kemudahan yang berkembang dalam melakukan perdagangan membuka berbagai peluang ekonomi bagi setiap anggota masyarakat," kata Rohan Mahadevan, Paypal, APAC seperti dilansir Elets Online.

Platform online lainnya yang digunakan pedagang untuk memasarkan barang atau jasa produk diantaranya YouTube 64 persen, Twitter 61 persen, Google+ 50% dan LinkedIn 33 persen.