Find Us On Social Media :

Rayakan Ulang Tahun, Google Tampilkan Video Animasi Google Doodle

By Adam Rizal, Kamis, 27 September 2018 | 13:31 WIB

Ilustrasi Google Doodle Rayakan Ulang Tahunnya yang ke-20

Google merayakan ulang tahunnya yang ke-20 pada hari ini dengan menampilkan Google Doodle yang menampilkan animasi berdurasi pendek sekitar 1 menit.

Pengguna tinggal mengklik logo 'play' di logo Google, dan video berdurasi 1 menit lebih tersebut akan berputar.

Video singkat itu menampilkan napak tilas perkembangan Google sebagai mesin pencari populer di seluruh dunia dan menampilkan pencarian konten terpopuler di berbagai negara.

Indonesia pun muncul di video dengan pertanyaan "apakah itu selfie?".

"Secara teknis, Google Doodle ada sebelum perusahaan Google. Beberapa hari sebelum Google bergabung, para pendiri kami menambahkan logo festival Burning Man ke beranda Google untuk menunjukkan bahwa mereka sedang berada di luar kota," kata Ryan Germick (Prinsipal Designer Doodleland) yang mengisahkan perjalanan dua dekade Doodle dalam blog resmi Google.

Germick mengkisahkan dalam dua dekade ini, tim berbakat telah menciptakan ribuan variasi logo bergambar, animasi dan interaktif. Ia mengajak pengguna juga menyusuri perjalanan 20 tahun Google Doodle.

"Bergabunglah dengan kami dengan menyusuri jalan kenangan untuk meninjau kembali 20 Doodles terkenal dari dua dekade terakhir," ucapnya.

Baca Juga : 17 Fakta Menarik dan Unik Google Jelang Ulang Tahunnya yang ke-19

Saat ini Google hadir lebih dari 150 bahasa di lebih dari 190 negara.

Google Doodle sendiri dirancang khusus untuk merayakan liburan, hari jadi, perintis, dan ilmuwan terkenal.

Pada 1998, pendiri Google, Larry dan Sergey memodifikasi logo perusahaan mereka untuk menunjukkan bahwa mereka akan hadir di festival Burning Man di Nevada.

Larry dan Sergey menempatkan figur tongkat di belakang kata “o” ke 2 dari logo Google. Sejak saat itu, ide menghias logo perusahaan untuk merayakan peristiwa penting pun lahir.

Pada 2000, Larry dan Sergey meminta Dennis Hwang yang saat itu sedang magang di Google untuk membuat doodle guna merayakan Bastille Day.

Sejak pertama kali diluncurkan, Google telah membuat lebih dari 2000 doodles di seluruh dunia dan beberapa doodles tersebut memiliki tema khusus Indonesia seperti pada Hari Kemerdekaan, Sumpah Pemuda dan beberapa ulang tahun tokoh terkenal Indonesia.