Find Us On Social Media :

D-Link DGS-1100-08P: Switch dengan Desain Ringkas dan Fitur Lengkap

By Dayu Akbar, Minggu, 30 September 2018 | 12:00 WIB

DGS-1100-08P adalah sebuah switch yang masuk ke dalam lini Smart Switch dari D-Link. Perangkat ini merupakan sebuah managed switch yang ditujukan untuk entry-level.

D-Link DGS-1100-08P memiliki bodi yang ringkas. Switch ini memiliki delapan port LAN yang membuatnya cukup untuk sebuah jaringan skala kecil dengan jumlah perangkat yang tidak terlalu banyak. Seluruh port tersebut telah mendukung gigabit dan juga mendukung PoE (power over ethernet).

D-Link DGS-1100-08P memiliki bodi yang cukup ringkas karena memiliki konstruksi tanpa kipas di dalamnya. Yang menariknya, catu daya yang diberikan berukuran dan berkapasitas cukup besar untuk mendukung PoE di seluruh port-nya dengan daya total 64 watt.

Sebagai sebuah managed switch, Anda dapat melakukan konfigurasi D-Link DGS-1100-08P. Adapun aksesnya melalui panel kontrol web, Telnet, maupun aplikasi DNA (D-Link Network Assistant).

Soal panel kontrol webnya, tampilannya terasa cukup sederhana, bahkan mungkin terasa agak kaku dan ketinggalan zaman. Pada panel kontrol web tersebut, Anda akan mendapati banyak opsi konfigurasi.

Fitur-fitur switch layer 2 seperti FDB, spanning tree, loopback detection, link aggregation, multicast, dan VLAN tersedia pada perangkat ini. Untuk mendukung pemantauan kinerjanya, setiap port yang ada dapat dipantau beberapa parameternya seperti status dan pemakaian dayanya jika memaanfaatkan PoE.

D-Link DGS-1100-08P diklaim memiliki kapasitas switching maksimal sebesar 16 Gbps. Saat kami menggunakan dua port sekaligus, switch ini mencatatkan kinerja yang baik dengan kecepatan rata-rata 984 Mbps atau mendekati 1 Gbps sesuai dengan klaim kecepatan maksimal.

Sementara, saat kami menggunakan 3 perangkat dengan 1 host yang melakukan transmisi data ke 2 perangkat lain, kecepatan rata-ratanya berada di angka 896 Mbps. Masih sangat baik dan memadai untuk sebuah jaringan kecil.

Switch ini memiliki kapasitas delapan port gigabit yang cocok untuk jaringan skala kecil.

Kesimpulan

D-Link DGS-1100-08P adalah sebuah managed switch dengan ukuran yang ringkas untuk jaringan kecil. Fiturnya juga lengkap untuk kebutuhan bisnis. Selama produk ini masih tersedia, garansinya pun seumur hidup. (I. Setiawan)

Plus: Ada fungsi manajemen, fitur tergolong lengkap, mendukung PoE, garansi seumur hidup selama produk masih tersedia.

Minus: Dimensi adapter besar, tampilan panel kontrol web kaku.

Spesifikasi

Konektor 8 x LAN 10/100/1000 Mbps
Fitur VLAN, spanning tree, link aggregation, D-Link Network Assistant
Kelengkapan Power adapter, CD manual, buku panduan
Situs www.dlink.co.id
Garansi Seumur hidup selama produk masih tersedia
Harga Rp2.499.000