Find Us On Social Media :

TP-Link Hadirkan Empat Produk Baru untuk Memudahkan Aktivitas

By Cakrawala, Senin, 1 Oktober 2018 | 18:45 WIB

Sterling Li (Country Director TP-Link Indonesia, kiri) berfoto bersama petinggi TP-Link Indonesia lain dan model tatkala peluncuran empat produk baru TP-Link di Indonesia beberapa waktu lalu.

Menunjang berbagai aktivitas yang berhubungan dengan internet, TP-Link baru saja meluncurkan secara resmi empat produk barunya di Indonesia. Keempat produk yang menawarkan sejumlah fasilitas unggulan ini dikelompokkan pada kategori yang berbeda. Peruntukkannya pun tak hanya lebih untuk pribadi melainkan ada pula yang lebih untuk perusahaan.

“TP-Link akan terus menyediakan aneka produk inovatif untuk seluruh masyarakat di Indonesia. Indonesia sekarang adalah pasar yang paling besar untuk menjual berbagai produk kami, untuk menjual seluruh produk kami, dan saya pikir hal ini dikarenakan oleh kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap merek kami dan terhadap produk-produk kami,” ujar Sterling Li (Country Director TP-Link Indonesia).

Keempat produk yang dihadirkan TP-Link tersebut adalah TL-MR6400, Archer C5400X, CPE610, dan LB130. TP-Link TL-MR6400 adalah 4G LTE wireless router, TP-Link Archer C5400X merupakan gaming wireless router, TP-Link CPE610 adalah outdoor access point, dan TP-Link LB130 adalah smart bulb.

Sebagai 4G LTE wireless router, TP-Link TL-MR6400 diklaim mendukung seluruh operator telekomunikasi yang beroperasi secara nasional di Indonesia dan menggunakan 4G LTE. Tak hanya membagikan koneksi internet yang diperoleh dari operator telekomunikasi yang digunakan, TP-Link TL-MR6400 juga dilengkapi dengan port WAN sehingga memungkinkan koneksi internet dari modem kabel atau DSL digunakan sebagai backup. Kecepatan teoritis Wi-Fi-nya sendiri sampai 300 Mbps menggunakan 802.11n.

TP-Link Archer C5400X adalah wireless router yang telah mendukung 802.11ac dan ditujukan untuk mereka yang aktivitas bermain game-nya tinggi alias para gamer. TP-Link mengklaim Archer C5400X memiliki kemampuan pemrosesan yang tinggi sehingga bisa menekan latency dan meningkatkan throughput. Perangkat ini pun dilengkapi dengan Intelligent Trafic Prioritization yang memprioritaskan lalu lintas game sehingga makin menekan latency. TP-Link Archer C5400X merupakan wireless router tiga band (2,4 GHz, 5 GHz, dan 5 GHz) dengan kecepatan total teoritis Wi-Fi-nya sebesar 5334 Mbps yang telah mendukung MU-MIMO.

Lebih ditujukan untuk penggunaan di perusahaan, TP-Link CPE610 merupakan outdoor access point untuk fixed wireless. Antena dari CPE610 disebutkan TP-Link memiliki gain sebesar 23 dBi, sedangkan daya keluaran dari pemancarnya sampai sebesar 27 dBm. Kombinasi tersebut diklaim mampu membuat jangkauan dari TP-Link CPE610 mencapai jarak lebih dari 30 km. Dua TP-Link CPE610 cocok digunakan untuk menghubungkan dua gedung untuk komunikasi data tatkala koneksi melalui internet maupun kabel kurang feasible. Oh ya, perangkat ini beroperasi pada 5 GHz menggunakan 802.11a/n dan telah mendukung MIMO 2x2. Kecepatan teoritis maskimal dari Wi-Fi-nya sebesar 300 Mbps.

Adapun TP-Link LB130 merupakan smart bulb yang mampu menghadirkan beragam warna. Menggunakan RGB, TP-Link mengklaim LB130 bisa menghadirkan 16,7 juta warna. Pengguna bisa mengatur warna dan fungsi lain melalui aplikasi yang disebut dengan Kasa dan tersedia untuk Android dan iOS. Selama TP-Link LB130 terhubung ke internet melalui wireless router, pengguna melalui smartphone-nya yang terhubung ke internet seharusnya bisa mengatur smart bulb tersebut dari mana dan kapan saja. TP-Link LB130 umumnya mengonsumi daya sebesar 11 W dan bisa menghasilkan kecerahan sebesar 800 lm. Kecerahan ini setara lampu pijar 60 W.