Find Us On Social Media :

Daftar Sistem Operasi Android Terlaris di Pasar Saat ini, Bukan Pie

By Adam Rizal, Selasa, 2 Oktober 2018 | 12:00 WIB

Android Pie

Android baru saja mengumumkan distribusi perangkat yang menggunakan platform Android. Berdasarkan data distribusi, Android Oreo yang dirilis tahun lalu sudah mencapai 19,2 persen.

Persentase tersebut menunjukan peningkatan pesebaran Android generasi kedelapan tersebut sebanyak 4,6 persen dalam waktu satu bulan.

Sebaran Android Oreo juga tercatat 3,4 persen lebih pesat dibanding capaian persebaran Android Nougat tahun lalu.

Namun, Android Nougat yang mulai digulirkan tahun 2016 mendominasi total distribusi Android hingga kini. Nougat mengokupasi 29,3 persen perangkat Android di dunia. Jumlah ini sejatinya menurun dari bulan Agustus lalu yang mencapai 30,8 persen.

Sementara itu, Android Marshmallow merengkuh persentase 21,6 persen, menempatkannya menjadi versi Android kedua paling banyak diadopsi. Disusul Android Lollipop yang masih digunakan 18.3 persen perangkat.

Meski termasuk lawas, namun Android KitKat dan Jelly Bean masih tersebar dengan persentase 7,8 persen dan 3,2 persen secara berurutan.

Sementara adopsi Android generasi awal yakni Ice Cream Sandwich dan Gingerbread secara kesuluruhan mencapai 0,3 persen seperti dikutip Phone Arena

Lantas, berapa distribusi Android generasi termutakhir, yakni Android Pie yang rilis bulan lalu?

Distribusi Android Pie masih belum terlihat "hilal"-nya. Kendati demikian, sebaran Android Pie terbilang lebih cepat dibanding pendahulunya dengan bantuan Project Treble.

Ditambah, adopsi awal Android Pie tidak hanya mencakup lini Google Pixel saja seperti sebelumnya, namun merambah ke perangkat non-Google, seperti OnePlus 6, Essential Phone, dan yang paling baru adalah Nokia 7 Plus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Distribusi Android Oreo Meningkat, Pie Belum Terlihat".