Find Us On Social Media :

Strategi Jerman Rajai Inovasi Kecerdasan Buatan (AI) di Dunia

By Adam Rizal, Selasa, 2 Oktober 2018 | 17:00 WIB

Ilustrasi kecerdasan buatan (AI) pada smartphone

Teknologi kecerdasan buatan (AI) telah menjadi mengubah wajah industri teknologi dan memacu setiap negara untuk berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik di bidangnya.

Tiongkok dan AS telah mendeklarasikan dirinya untuk menjadi penguasa AI di masa depan tetapi pemerintah Jerman pun tidak mau kalah untuk memimpin Eropa dalam bidang AI di masa depan.

Menteri Perekonomian Jerman Peter Altmaier mengatakan kecerdasan buatan adalah inovasi dasar yang akan mengubah dan memperbaiki perekonomian dan hidup.

Teknologi AI dapat digunakan untuk kalkulasi risiko pemberian kredit, dan analisa citra Röntgen.

"Kecerdasan buatan menjadi masalah kunci bagi Jerman dan Eropa," katanya seperti dikutip DW.

Caranya, pemerintah Jerman akan memperbanyak peneliti di bidang AI dan memperbaiki kondisi kerja bagi peneliti AI di dalam dan luar negeri.

Selain itu, Jerman akan fokus meningkatkan program tukar-menukar antara ilmu alam dan ekonomi serta memudahkan regulasi pendirian perusahaan.

Pemerintah Jerman sadar tidak mampu berkembang sendiri dan akan bekerjasama secara internasional seperti menggandeng jaringan penelitian dan inovasi dengan Perancis.

Jerman melihat teknologi kecerdasan buatan (AI) dapat mendorong industri Jerman dan menolong warga.

Teknologi AI dapat digunakan untuk mobil-mobil yang bergerak tanpa pengemudi, asisten bahasa dan mesin-mesin yang mampu belajar.

Sebuah komisi angket dalam parlemen Bundestag juga akan meneliti kesempatan yang bisa diraih dan risiko yang muncul dari kecerdasan buatan.