Find Us On Social Media :

Gantikan Systrom, Adam Mosseri Resmi Jabat Bos Instagram yang Baru

By Adam Rizal, Rabu, 3 Oktober 2018 | 13:00 WIB

Adam Mosseri (Head of Instagram) yang baru di Tengah

Seminggu setelah duo pendiri sekaligus pemimpin Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger mundur dari jabatannya dan hengkang dari Facebook, keduanya kini mengumumkan siapa yang bakal menggantikan posisi mereka sebagai bos di Instagram.

Dalam sebuah posting blog, Systrom dan Krieger mengumumkan Adam Mosseri sebagai Head of Instagram yang baru, efektif.

Mosseri tergolong orang baru di Instagram, namun sebelumnya pernah menjadi VP News Feed di Facebook. Dia juga pernah menangani produk Facebook yang kini telah dihentikan, seperti Facebook Home.

Mosseri memulai karirnya di Instagram sebagai Vice President of Product pada Mei 2018 lalu. Dalam blog, Systrom dan Krieger menuliskan bahwa mereka menganggap Mosseri sebagai seorang yang memiliki latar belakang desain yang kuat, dan fokus pada kesederhanaan.

"Ia juga memahami pentingnya sebuah komunitas," tulis keduanya seperti dikutip Re/code.

Systrom dan Krieger turut mengungkapkan harapan mereka akan masa depan Instagram di bawah Mosseri sebagai bos baru.

"Yang terpenting adalah menjaga komunitas, mereka yang utama di Instagram. Kami yakin Adam akan memegang teguh nilai-nilai ini dan Instagram akan terus berkembang," tulisnya.

Baca Juga : Menakar Prospek Bisnis Instagram Selepas Kepergian Dua Pendirinya

Perselisihan dengan Facebook Kevin Systrom dan Mike Krieger mengonfirmasi pengunduran dirinnya dari induk perusahaan, Facebook.

Sumber dalam Instagram menyebut masalah internal menjadi faktor utama mundurnya duo co-founder tersebut.

Facebook dan Instagram diketahui sedang dalam tensi yang tinggi dalam beberapa tahun belakang, terkait masalah kepemimpinan Facebook terhadap otonomi Instagram yang beroperasi sebagai perusahaan independen.

Keterangan sumber lain menyebutkan bahwa alasan Systrom dan Krieger mundur adalah karena frustrasi dan pergolakan dengan Zuckerberg, yang kian ikut campur untuk mengontrol Instagram.

Secara teknis, Systrom dulu memang memangku jabatan sebagai CEO Instagram. Namun dalam kenyataannya, Zuckerberg lah yang lebih banyak memegang kendali Instagram, termasuk kebijakan mencari pendapatn dari iklan yang disebut sebagai sumber masalah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mantan Bos Facebook Ditunjuk Sebagai Pimpinan Baru Instagram".