Find Us On Social Media :

Adam Mosseri Jadi Bos Baru, Instagram Langsung "Down" di Seluruh Dunia

By Adam Rizal, Rabu, 3 Oktober 2018 | 20:01 WIB

Ilustrasi Instagram Down

Layanan berbagi konten visual, Instagram, mengalami gangguan pada hari dan menyebabkan pengguna tidak bisa mengaksesnya. 

Mayoritas laporan "Instagram Down" berasal dari pengguna Instagram di Amerika Serikat, Inggris, Spanyol, India, Australia, Rusia, Singapura, dan Jepang termasuk Indonesia.

Ironisnya, gangguan "Instagram Down" itu bertepatan dengan penunjukan Adam Mosseri sebagai Head of Instagram menggantikan pendiri Instagram Kevin Systrom dan Mike Krieger.

Info Komputer pun mencoba mengakses Instagram, lantas menemukan linimasi tak bisa diperbarui, baik via aplikasi mobile maupun desktop.

Pesan "couldn't refresh feed" muncul saat pengguna mencoba menyegarkan linimasa Instagram.

Bila dibuka dari browser di PC, laman instagram.com menampilkan pesan "5xx server error". Mulanya memang cuma linimasa yang tak bisa diakses, lantas kemudian menyusul Instagram Stories.

Pengguna tak bisa mengecek video 15 detik maupun foto keseharian yang diunggah teman lewat fitur tersebut seperti dikutip Reuters.

Baca Juga : Gantikan Systrom, Adam Mosseri Resmi Jabat Bos Instagram yang Baru

Menurut paparan Down Detector, laporan tumbangnya Instagram dari para pengguna mencapai puncaknya pada sekitar pukul 14.00 WIB.

Sementara itu media Inggris Independent menyebut bahwa Instagram tumbang dan para penggunanya tak bisa melihat profil maupun foto orang lain.

"Para pengguna umumnya disambut dengan profil kosong dan tulisan 'cannot refresh feed'. Masalah terjadi pada versi web dan aplikasi, yang memunculkan tulisan '5xx Server Error'," tulis Independent.

Dalam dua bulan terakhir, Instagram telah mengalami gangguan serupa beberapa kali. Pada Agusutus lalu, gangguan akses Instagram tercatat delapan kali. Pada September 2018, Instagram mengalami gangguan sebanyak tiga kali.

Hingga sekarang belum ada komentar resmi dari Instagram. Belum diketahui jelas apa penyebab dari gangguan kali ini. "Facebook dan Instagram belum bisa dimintai komentar," kata Reuters.