Find Us On Social Media :

Penyebab Pasar Ponsel dan Internet di AS Jenuh dan Tidak Bergairah

By Adam Rizal, Kamis, 4 Oktober 2018 | 15:00 WIB

Ilustrasi penggemar Apple membeli iPhone

Dulu, Amerika Serikat (AS) merupakan pasar industri ponsel terbesar di dunia tetapi kini pamornya mulai pudar, seiring hadirnya Tiongkok yang menjadi pasar ponsel pintar terbaru dan lebih menjanjikan.

Beberapa tahun terakhir, pasar ponsel pintar dan Internet di AS sudah mencapai puncak titik jenuh dan tidak ada penambahan volume penjualan.

Perusahaan riset Pew Research Center mengungkapkan sekitar 95 persen dari warga AS yang berusia 18-49 tahun telah memiliki ponselan 89 persen dari rentang usia tersebut memiliki akses internet.

Selain itu, hanya 69 persen warga yang rentang usia produktif menggunakan jejaring sosial. Angka kepemilikan komputer di AS pun turun 5 persen, dari yang sebelumnya 78 persen pada 2016 menjadi 73 persen pada tahun ini.

Hasil studi itu menyimpulkan bahwa pasar ponsel dan Internet di Amerika telah memasuki titik jenuh seperti dikutip Engadget

Penyebabnya?

Pew Research Center mengungkapkan penyebab pasar ponsel AS yang stagnan karena kondisi ekonomi dan tidak semua warga AS memiliki uang untuk sering gonta-ganti ponsel model terbaru serta berlangganan Internet berbayar di rumah.

Hasil survei 2015, ada 43 persen warga Amerika tidak memiliki akses Internet cepat di rumah atau apartemen karena alasan keterbatasan biaya.

Di pedesaan AS, banyak juga rumah yang tidak terjangkau jaringan Internet karena berbagai faktor.