Find Us On Social Media :

Berkat AI, Jualan Produk di Facebook Marketplace Jadi Cepat Laku

By Adam Rizal, Jumat, 5 Oktober 2018 | 16:00 WIB

Facebook Marketplace

Facebook baru-baru ini merilis pembaruan Facebook Marketplace yang memungkinkan pengguna tidak hanya terhubung dengan teman-temannya sekaligus menjual produk dan mencari nafkah.

Merayakan ulang tahun kedua Facebook Marketplace, Facebook memperbarui Facebook Marketplace dengan menambahkan teknologi Artificial Intelligence/AI (kecerdasan buatan) yang memudahkan penggunanya dalam berjualan.

"Kami percaya AI dapat mengubah cara orang berbelanja secara mendasar, dan sangat tertarik dengan peluang dan nilai potensial yang dapat diberikan kepada pembeli dan penjual," kata Deborah Liu (Wakil Presiden Marketplace) di Facebook.

Kehadiran teknologi AI membuat Marketplace lebih efisien dan membantu penjual terhubung dengan lebih banyak calon pembeli serta lebih cepat terjual.

Tak hanya itu, teknologi AI juga dapat meningkatkan kualitas foto secara otomatis dan menerjemahkan daftar serta percakapan Messenger.

Facebook akan menyarankan harga dan kategorisasi produk secara otomatis. Misal, jika pengguna ingin menjual kursi kantor, Marketplace dapat menggunakan AI untuk membantu menjualnya lebih cepat dengan menyarankan harganya antara 50-75 dolar berdasarkan barang sejenis yang sudah ada dan dijual sebelumnya di Facebook.

Dengan AI, Facebook juga akan mengkategorikan kursi sebagai “perabotan” secara otomatis berdasarkan foto dan deskripsi, sehingga pengguna tidak perlu melakukannya.

"Kami juga menguji fitur kamera yang berbasis AI untuk merekomendasikan produk yang mungkin diminati pengguna," ujarnya.

Baca Juga : Facebook Kembangkan Teknologi AI untuk Baca Meme, Gambar dan Video

Di masa depan, AI dapat menyederhanakan tugas-tugas seperti menyelesaikan proyek desain pakaian atau rumah.

Misalnya, pengguna dapat mengunggah foto ruang tamu dan mendapatkan saran tentang furnitur untuk dibeli berdasarkan tata letak dan ukuran ruang, jelas Liu.

Dari variasi produk yang dijual, Facebook juga sekarang menambahkan berbagai konten bisnis, termasuk mobil, penyewaan rumah, layanan rumah serta belanja, dan penawaran dari e-commerce.

Facebook juga menerapkan teknologi AI untuk mendeteksi dan menghapus konten yang tidak pantas berdasarkan analisa terhadap gambar, konten, dan konteks dalam daftar.

Facebook Marketplace memungkinkan penjual dan pembeli saling menilai untuk membangun reputasi, bahkan bisa melaporkan ke Facebook bila menemukan item produk yang melanggar kebijakan perdagangan Facebook.