Find Us On Social Media :

Presiden Jokowi Minta Universitas Bersiap Hadapi Revolusi Industri 4.0

By Adam Rizal, Selasa, 9 Oktober 2018 | 14:00 WIB

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) sempat menyinggung Indonesia akan memasuki era robo

Presiden Joko Widodo meminta perguruan tinggi untuk berbenah dan mempersiapkan diri menghadapi era revolusi industri 4.0.

Salah satu caraya, pergurutan tinggi di Indonesia harus fokus meningkatkan kualitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

"Melalui penguasaan IPTEK bangsa Indonesia akan semakin lebih maju, kuat, serta dapat berkembang," kata Jokowi ketika menghadiri Dies Natalis Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan.

Jokowi mengatakan perguruan tinggi memiliki peranan yang besar untuk melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas dan penelitian-penelitian ilmiah.

"Jadi perguruan tinggi harus mampu memberikan terobosan-terobosan baru untuk kemajuan bangsa dan negara dengan membuka fakultas atau jurusan yang sesuai dengan perkembangan zaman," ujar Jokowi.

Perguruan tinggi juga harus membuka fakultas dan jurusan baru, sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman supaya tidak tertinggal dengan era globalisasi.

"Perguruan tinggi juga dapat membangun Revolusi Industri 4.0 untuk kemajuan bangsa dan negara, serta lebih hebat nantinya dengan Revolusi Industri sebelumnya," kata Jokowi.

Dalam acara Dies Natalies ke- 66 USU, juga dihadiri oleh Menristekdikti Muhammad Nasir, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmyadi, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah, Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu,SH, dan undangan lainnya.