Find Us On Social Media :

Teknologi Canggih ini akan Jadi Tren Industri Finansial di Indonesia

By Adam Rizal, Selasa, 9 Oktober 2018 | 17:00 WIB

Ilustrasi industri finansial

Perusahaan riset pasar IDC mengungkap ada beberapa teknologi yang akan menjadi tren industri finansial di Indonesia.

Handojo Triyanto (Senior Research Manager IDC Financial Insight) mengatakan banyak pengguna yang akan mengadopsi teknologi mobile payments, external APIs, dan connected core di masa depan.

"Kemampuan mobile payments pun akan terus bertambah terutama dari sisi fitur," katanya di Jakarta.

Bank-bank pun akan terus mengembangkan teknologi External APIs, mengingat teknologi APIs dapat mengintegrasikan bank dengan gaya hidup customer.

Selain itu, bank-bank pun mulai mengadopsi teknologi connected core dan mulai meninggalkan teknologi lawas core banking yang sudah tidak lagi mendukung digitalisasi.

"Core banking lama digunakan untuk storage, sementara bisnis akan menggunakan platform baru," ujarnya.

Teknologi lainnya yang akan jadi tren di industri finansial adalah lending as a service, corporate banking analytics dan intelligent automation.

Intelligent Automation menghubungkan cognitive-enabled channels, rekayasa ulang proses bisnis, Robotic Process Automation, dan Human-Augmentation melalui kecerdasan buatan (Artificial Intelligence).

Intelligent Automation akan memusatkan pelanggan pada pusat jasa keuangan. Selain itu, teknologi yang juga diprediksi menjadi tren adalah corporate banking analytics, CX/Channel Experience dan Next-Generation Security.

Teknologi Next-Gen Security menggunakan karakteristik seseorang seperti eye-screening dan voice recognition.

"Penggunaan biometrik ke depannya banking akan mengarah ke sana," ucapnya.