Find Us On Social Media :

LG 55B8, TV OLED 4K HDR Terjangkau dengan Harga 25 Juta Rupiah

By Dayu Akbar, Rabu, 10 Oktober 2018 | 16:01 WIB

LG kembali menghadirkan varian TV 4K HDR berbasis panel OLED melalui seri LG 55B8. Hadir dengan ukuran layar 55 inch, TV OLED juga bakal dilengkapi dengan teknologi HDR dengan harga lebih terjangkau.  Meski terjangkau, LG 55B8 tetap hadir dengan berbagai fitur unggulan kelas premium. TV OLED 4K HDR terbaru ini disiapkan untuk dapat menghadirkan tayangan dalam nuansa sinematik di tengah ruang keluarga penggunanya. Sebagai informasi, LG merupakan produsen pertama yang membuat teknologi OLED (Organic Light Emitting Diode) kini juga banyak diadopsi kompetitor. Teknologi OLED dibuat secara organik tanpa lampu LED yang tidak hanya membuatnya lebih hemat daya tapi juga mampu menghasilkan contrast ratio lebih baik, warna hitam lebih pekat serta akurasi warna yang lebih detil. Selain itu, ketiadaan lampu LED juga membuat desain TV OLED lebih tipis.Dengan resolusi 4K yang membuatnya memiliki kepadatan pixels empat kali lipat dari Full HD, LG 55B8 memiliki teknologi reproduksi gambar High Dynamic Range (HDR). Yang membuatnya berbeda, TV OLED LG 4K ini dibuat dengan kepemilikan tingkat adopsi format HDR paling luas. Bila kebanyakan pabrikan hanya menawarkan format HDR 10, TV OLED LG 55B8 bahkan dilengkapi dengan teknologi HDR dari Dolby Vision dan bahkan HLG, yang merupakan standar HDR untuk penerimaan dari stasiun penyiaran (broadcasting).

Perbedaan teknologi Active HDR Dolby Vision dibanding HDR10 ada pada metadata dinamis. Keberadaannya memungkinkan pemrosesan peningkatan gambar lebih pintar yang dilakukan pada tiap adegan untuk memastikan tiap warna tampil seakurat mungkin pada tingkat kecerahan dan kontras optimal. Bersanding dengan ini, juga dilengkapi Advanced HDR by Technicolor yang merupakan kolaborasi LG dengan Technicolor yang dikenal sebagai perusahaan yang memfokuskan diri pada tata warna dalam berbagai film dari studio film di Hollywood. Begitu pula dengan fitur HDR effect yang akan membuat konten dalam format non HDR dapat dinikmati dalam nuansa mendekati format HDR yang lebih dramatis dalam warna. TV OLED ini juga dilengkapi dengan teknologi pemrosesan gambar High Frame Rates yang dapat memainkan konten hingga 120 frame per second (fps). Dengan semakin banyaknya frame dalam tiap detik, membuat gambar dapat dinikmati dalam detil halus pada adegan pergerakan objek yang cepat.  

Guna mengimbangi tampilan visual, LG mempercayakan Dolby Atmos sebagai tata suara yang jamak digunakan sebagai teknologi tata suara inovatif pada berbagai bioskop kelas premium. Keberadaan teknologi Dolby Atmos ini membawa dua fitur andalannya yaitu Object Based Sound dan Full 360 Surround Sound. Object Based Sound merupakan kemampuan Dolby Atmos mengenali dan menangkap suara masing-masing objek secara individual dengan kemampuan maksimum 128 objek. Melalui fitur ini, suara yang ditangkap bakal diubah menjadi suara tiga dimensi menyesuaikan pergerakan objek dalam adegan. Sedangkan fitur Full 360 surround sound membuat suara dapat terasa mengalir dari segala arah.

LG 55B8 dijual di Indonesia dengan harga Rp 25 juta yang diklaim lebih terjangkau dibanding kompetitor yang setara. “Inilah buah inovasi yang terus kami kembangkan dalam TV OLED. Tak hanya pada pengembangan teknologi penyerta, namun pula menghadirkannya dalam tingkat harga lebih terjangkau bagi banyak orang,” pungkas Julius, TV Product Marketing LG Electronics Indonesia.