Find Us On Social Media :

Ini Dia Tujuh Jenis Thread yang Sering Viral di Platform Twitter

By Rafki Fachrizal, Kamis, 11 Oktober 2018 | 12:15 WIB

Ilustrasi Twitter

Sejak Twitter meluncurkan fitur Thread pada akhir tahun lalu, serangkaian Tweet berantai dengan beberapa topik tertentu menjadi begitu populer di antara pengguna Twitter.

Era Twitter yang identik dengan jumlah karakter yang terbatas telah terlewati dan kini pengguna semakin terbiasa dengan fitur Thread untuk berbagi ide dan pemikiran mereka yang lebih komprehensif.

Melalui fitur Thread ini, pengguna dapat mempublikasikan rangkaian Tweet sekaligus dengan lebih cepat dan mudah tanpa harus membalas Tweet sebelumnya satu per satu.

Walaupun Twitter kini juga telah hadir dengan 280 karakter untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan hal tersebut, Thread masih menjadi salah satu fitur favorit pengguna yang sering digunakan.

Mereka yang menggunakan Twitter sejak beberapa tahun lalu mungkin lebih familiar dengan istilah #Kultwit atau Kuliah Twit. Pada dasarnya, Kultwit merupakan serangkaian Tweet yang menggunakan angka atau tagar tertentu pada tiap Tweet untuk mengaitkan satu Tweet ke Tweet lainnya.

Sebelumnya, #Kultwit yang populer seringkali berkaitan dengan topik edukasi atau inspirasi. Namun, dengan kehadiran Thread, serangkaian Tweet panjang tentang beragam topik bisa dengan mudah menjadi viral dengan membahas topik tentang kehidupan pribadi, cerita lucu atau menegangkan, fakta-fakta berita terbaru, atau juga luapan emosi akan beragam isu yang sedang terjadi.

Melihat hal itu, berikut adalah & jenis Thread yang sering Viral di platform Twitter:

  1. Cerita Lucu

Perlu diakui, cerita lucu memang tidak pernah gagal untuk membuat hari-hari menjadi lebih menyenangkan, termasuk untuk menyegarkan kembali pikiran setelah sibuk beraktivitas seharian. Pengguna Twitter memanfaatkan platform ini untuk berbagi kisah-kisah lucu yang mereka temui. Terlebih lagi, dengan populernya lelucon-lelucon “receh” saat ini. Jadi, tidak heran kalau Thread lelucon seringkali menjadi viral.

  1. Breaking News

“Kini siapa saja bisa menjadi jurnalis”, mungkin ungkapan itu sudah seringkali kita dengar. Hal ini dapat dibuktikan dari Thread viral yang dibagikan oleh pengguna Twitter biasa setelah memberitakan informasi terbaru dari fenomena yang terjadi di sekitarnya, yang bahkan menyebar lebih cepat dibandingkan pemberitahuan resmi media. Untuk mendapatkan informasi terbaru akan perkembangan kejadian tersebut, para pengguna Twitter lainnya berinisiatif untuk me-Retweet Thread tersebut yang mungkin bisa membantu mengamankan orang-orang di sekitar kejadian tersebut.

  1. Kisah Horor

Sama seperti banyaknya pecinta film horor di Indonesia, banyak pula penggemar cerita horor di Twitter yang suka berbagi pengalaman mereka dengan membuat Thread. Bagi sebagian orang, bisa saja cerita seperti itu menakutkan, tapi tidak bagi sebagian besar lainnya Thread horor bisa menjadi hiburan yang menarik karena setiap Tweet akan membuat orang semakin penasaran.

  1. Tips & Trik

Selanjutnya yakni Thread yang membahas Tips & Trik. Tanpa disadari, banyak orang yang peduli di Twitter yang membagikan sekumpulan tips praktis yang dapat membantu orang lain dalam menyelesaikan masalah sehari-hari dalam bentuk Thread. Mereka yang merasa terbantu oleh Thread tersebut akan menekan ikon Likes dan membagikannya kembali kepada pengikut mereka.

  1. Pengembangan Diri

Banyak pengguna Twitter menggunakan platform ini sebagai tempat untuk membagikan hal-hal yang menjadi keahlian mereka. Topik-topik tersebut dapat bervariasi, mulai dari informasi pengembangan diri, tips manajemen keuangan pribadi, pesan inspiratif untuk membangkitkan semangat, ataupun informasi praktis yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Dengan adanya gerakan anti-hoax saat ini, para pengguna berlomba-lomba untuk berbagi beragam konten yang lebih positif, jujur, dan menyenangkan.

  1. Kisah Hidup yang Tak Banyak Diketahui

Masih ingat dengan kisah @Hujandisenja tentang gaya hidup majikan konglomeratnya yang sangat populer beberapa waktu lalu? Hal ini membuktikan bahwa pengguna Twitter Indonesia memiliki ketertarikan yang tinggi dengan kisah hidup orang lain. Apalagi, jika cerita tersebut mengisahkan tentang kehidupan yang begitu jauh berbeda dari masyarakat pada umumnya.

  1. Informasi Seputar Olahraga

Banyak penggemar olahraga berkumpul di Twitter untuk mendukung atlet maupun tim favorit. Twitter memungkinkan mereka mendapatkan informasi terbaru tentang atlet ataupun tim idola mereka. Dengan kekuatan para penggemar olahraga yang bersatu di Twitter, banyak momen olahraga menjadi trending topik di linimasa seperti misalnya kepindahan Ronaldo ke Juventus, Anthony Ginting (@sinisukaanthony) yang memenangkan China Open 2018, maupun berbagai momen seru dari gelaran Asian Games 2018 yang menciptakan 12 juta Tweet melalui tagar #AsianGames2018, #OpeningCeremonyAsianGames2018, dan #ClosingCeremonyAsianGames2018.