Find Us On Social Media :

Airbus Pasang Sensor-sensor Canggih untuk Deteksi Kebiasaan Penumpang

By Adam Rizal, Kamis, 18 Oktober 2018 | 16:15 WIB

Ilustrasi Airbus

Maskapai penerbangan Airbus akan memasang sensor-sensor nirkabel yang canggih di dalam kabin pesawat (connected cabon) untuk mempelajari kebiasaan penumpang.

Sensor- sensor itu bertugas mengumpulkan kebiasaan penumpang dan penggunaan fasilitas seperti toilet.

Tak hanya kabin, Airbus juga akan memasang sensor-sensor di kursi penumpang untuk mengetahui seberapa sering para penumpang pergi ke kamar mandi, melihat pola tidur, dan mengetahui soal berapa kemiringan kursi penumpang.

Selain itu, ada juga sensor-sensor yang berada di layar TV untuk menganalisis tipe media apa yang populer bagi penumpang sehingga Airbus bisa memberikan konten yang terbaik sesuai dengan kebutuhan penumpang seperti dikutip NZ Herald.

Sensor-sensor canggih juga terpasang di kebersihan ruangan seperti sensor kamar mandi yang mengizinkan awak kabin untuk mengetahui fasilitas mana yang perlu dibersihkan dan produk mana yang perlu diganti.

Di dapur, ada juga sensor yang tertanam di unit troli untuk mengetahui stok makanan dan minuman apa saja yang paling populer dan sudah hampir habis.

Teknologi itu memungkinkan awak kabin memanaskan barang ketika mereka tak berada di area dapur.

Kemudian, ada juga sensor-sensor di bawah dek untuk memantau suhu dan kapasitas angkut guna menjaga hewan peliharaan tetap aman dan barang berharga tak rusak.