Find Us On Social Media :

Linksys WRT32X: Kinerjanya yang Kencang Bukan Hanya untuk Gamer

By Dayu Akbar, Sabtu, 20 Oktober 2018 | 11:56 WIB

Di kelas bisnis maupun personal, Linksys memiliki lini wireless router seri E, serta WRT untuk segmen enterprise. Di samping itu, Linksys juga memiliki lini yang dikhususkan untuk gaming yaitu seri WRT32X.

Linksys WRT32X hadir dengan tawaran spesifikasi yang tinggi. Perangkat ini memiliki dua pita operasi, 2,4 GHz dan 5 GHz yang mampu menghasilkan bandwidth maksimal masing-masing sebesar 600 Mbps dan 2.600 Mbps. Wireless router ini memiliki empat buah antena eksternal yang bisa dilepas pasang.

Khusus untuk pita 5 GHz-nya, Linksys WRT32X mendukung teknologi DFS (Dynamic Frequency Selection) yang dapat membuat pita 5 GHz menjadi dua kali lebih lebar untuk menghasilkan throughput yang lebih tinggi bagi perangkat-perangkat yang mendukung. Selain itu, wireless router ini juga mendukung MU-MIMO dan beamforming untuk menghasilkan jangkauan sinyal dan kecepatan yang optimal saat digunakan oleh banyak perangkat terkoneksi sekaligus.

Dilengkapi dengan teknologi Killer Prioritization Engine, Linksys WRT32X akan memprioritaskan komputer dengan Killer Networks untuk mendapatkan ping paling rendah dan bandwidth yang optimal dalam bermain game maupun streaming. Namun jika tidak, Anda pun masih tetap mengatur prioritas perangkat yang terhubung melalui menu QoS. Pada dasarnya, Linksys WRT32X bisa tetap Anda gunakan seperti sebuah wireless router biasa, hanya menunya memiliki nama yang berbeda.

Linksys WRT32X mampu memberikan kinerja yang menurut kami sangat memuaskan. Saat kami coba menggunakan perangkat nirkabel standar yang tidak mendukung Killer Networks, wireless router ini mampu memberikan throughput rata-rata sekitar 152 Mbps pada pita 2,4 GHz. Sementara pada pita 5 GHz, kecepatan rata-ratanya berada di sekitar 487 Mbps. Selain baik, kinerjanya pun stabil sepanjang proses pengujian.

Bandwidth Total Linksys WRT32X menyediakan bandwidth total sampai 3.200 Mbps dengan dukungan Killer Prioritization Engine untuk perangkat-perangkat yang dilengkapi dengan Killer Networks.

Kesimpulan

Linksys WRT32X memang lebih ditujukan untuk kalangan gamer. Jika Anda bukan orang yang suka bermain game, Anda pun tetap dapat memanfaatkan wireless router ini karena kinerjanya yang kencang serta bisa mengatur prioritas perangkat di jaringan Anda. (I. Setiawan)

Plus: Kinerja kencang, ada fitur Killer Prioritization Engine, konfigurasi mudah

Minus: Bodi cukup besar

Spesifikasi

Standar 802.11b, 802.11g, 802.11n, 802.11ac
Konektor 4 x LAN 1 Gbps, 1 x WAN 1 Gbps, 1 x USB 2.0/eSATA, 1 x USB 3.0
Mode operasi Wireless router
Kecepatan transfer data 600 Mbps (2,4 GHz 802.11b/g/n) + 2.600 Mbps (5 GHz 802.11ac)
Fitur DHCP server, MAC address filter, URL filter, file server, Killer Prioritization Engine
Kelengkapan Power adapter, manual, kabel LAN
Situs www.linksys.com