Find Us On Social Media :

Fitbit Versa: Smartwatch dengan Fitur Lengkap untuk Sehari-hari

By Dayu Akbar, Sabtu, 20 Oktober 2018 | 14:00 WIB

Memiliki lini perangkat wearable smartband yang lengkap, Fitbit mulai merambah ke perangkat smartwatch yang lebih lengkap. Salah satu upayanya adalah merilis Versa ini.

Fitbit Versa memiliki bodi yang cukup kompak. Bodi utamanya berbentuk kotak dengan pinggir yang membulat berukuran 3,9 x 3,9 cm. Bodinya cukup kokoh, tetapi tetap terasa ringan. Layarnya sendiri memiliki kualitas yang cukup baik dan tetap nyaman dilihat ketika di luar ruangan di bawah matahari terik. Navigasi bisa dilakukan melalui tiga tombol navigasi yang ada di kiri dan kanan. Selain itu, layarnya pun merupakan layar sentuh.

Fitbit Versa juga mendukung berbagai aplikasi tambahan. Fitur utamanya adalah kemampuan untuk menyimpan musik. Namun untuk melakukan transfer file musik, Anda memerlukan aplikasi Fitbit yang tersedia untuk iOS dan Android.

Aplikasi Fitbit juga menjadi gerbang utama untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai kegiatan Anda. Anda akan mendapatkan informasi jumlah langkah, kalori yang terbakar, denyut nadi, dan berbagai informasi lainnya. Instalasi aplikasi dan watch face tambahan juga bisa dilakukan melaluinya.

Pada konfigurasi awal, Fitbit Versa akan meminta Anda untuk menghubungkan perangkat ini ke internet melalui Wi-Fi untuk mengunduh update. Jika jaringan nirkabel tidak terdeteksi, Anda bisa menggunakan koneksi Bluetooth ke smartphone, walau akan jauh lebih lama karena ukuran file yang cukup besar.

Fitbit Versa cukup menyenangkan untuk penggunaan sehari-hari. Pilihan dua tali jam berbahan karet dalam paket membuatnya cocok untuk pria maupun wanita. Akurasinya dalam mengukur denyut nadi cukup bagus. Begitu juga dengan penghitungan langkah walaupun tanpa GPS. Fitbit Versa pun bisa bertahan sekitar 3 atau 4 hari pemakaian untuk satu kali pengisian baterai menggunakan docking atau cradle yang disertakan dalam paket.

Fitbit Versa menggunakan sebuah docking atau cradle dengan magnet untuk mengisi ulang baterainya.

Kesimpulan

Proses konfigurasi Fitbit Versa terasa cukup lama karena komunikasi antara smartwatch dengan aplikasi kadang kurang responsif. Namun di luar itu, Fitbit Versa adalah sebuah smartwatch yang menawarkan fitur yang cukup lengkap dan bisa menemani aktivitas sehari-hari. (I.Setiawan)

Plus: Bodi ringkas, bodi tahan air, daya tahan baterai cukup baik, ada heart rate monitor, penghitungan cukup akurat.

Minus: Konfigurasi lambat dan kurang responsif, tanpa GPS.

Spesifikasi

Layar 1,34″ 300 x 300 pixel
Dukungan sistem operasi Android dan iOS
Koneksi Bluetooth Smart
Fitur Heart rate monitor
Bobot 38 gr
Situs www.fitbit.com
Garansi 1 tahun
Harga Rp3.599.000