Find Us On Social Media :

Google Luncurkan Fitur Gboard untuk Mengetik di Ponsel Bongsor

By Adam Rizal, Selasa, 23 Oktober 2018 | 10:00 WIB

Ilustrasi Gboard

Ukuran layar smartphone yang semakin besar seringkali menyusahkan pengguna untuk mengetik, apalagi jika dengan satu tangan karena jemari kadang sulit menjangkau deretan huruf.

Menyadari tren smartphone yang makin bongsor, Google mencoba memudahkan pengguna dalam mengetik dengan meluncurkan "floating mode" baru di aplikasi on-screen keyboard besutannya, Gboard.

Sesuai namanya, mode ini memungkinkan Gboard untuk "mengambang" di atas layar dalam sebuah jendela yang bisa digeser-geser di tampilan layar.

Di bawah papan ketik, terdapat tombol pengendali yang bisa digunakan untuk menggeser papan.

Dengan demikian, diharapkan jari pengguna bisa lebih mudah menjangkau jendela papan ketika yang diposisikan lebih dekat dengan tangan saat menggenggam ponsel.

Selain itu, ukuran papan ketik juga bisa diperbesar maupun diperkecil sesuai keinginan.

Jika keyboard berdiam di satu lokasi tertentu dalam waktu yang cukup lama tanpa disentuh, maka warna keyboard perlahan akan berubah transparan sehingga layar belakang akan tampak.

Saat mode mengambang aktif, semua fungsi keyboard akan berjalan normal, termasuk mode ketik meluncur (glide), suggestion, tema keyboard yang berbeda, dan lain sebagainya seperti dikutip Engadget.