Find Us On Social Media :

NuMoney Luncurkan ICO Incubator, Wadah Bagi Startup Berbasis Teknologi

By Dayu Akbar, Kamis, 25 Oktober 2018 | 14:30 WIB

NuMoney Indonesia sebagai cryptocurrency marketplace memperkenalkan ​NuMoney Initial Coin Offering (ICO) Incubator​, sebuah wadah yang menyediakan program inkubasi untuk perusahaan startup atau perusahaan rintisan berbasis teknologi di Indonesia. Bekerja sama dengan Venture Capital, melalui program ini NuMoney akan membantu pengembangan startup yang tergabung dalam inkubatornya. Dalam program inkubasi, para peserta yang mewakili startup ​akan melalui tahap seleksi ​screening serta wawancara yang nantinya akan dipilih untuk tahap pendanaan 2019 dengan nilai hingga 1 juta dollar.Initial Coin Offering adalah penawaran perdana berupa Token kepada investor, sama halnya dengan Initial Public Offering (IPO). Token sendiri adalah sebuah bentuk cryptocurrency/​digital assets ​yang dikembangkan dan digunakan sebagai alat tukar atau alat investasi. NuMoney ICO Incubator merupakan sebuah program inkubasi ​Initial Coin Offering pertama di Indonesia yang bertujuan untuk mengembangkan perusahaan ​startup melalui proses inkubasi bagi para ​founder. ​Proses inkubasi sendiri terdiri dari kegiatan edukasi atau startup class,​ proses ​mentoring​, ​monitoring​, ​evaluasi​, hingga proses pengenalan startup dan networking dengan para ahli dari berbagai industri. Dalam program ini, terdapat dua jalur pendanaan, yakni ​seed-funding oleh NuMoney atau proses pendanaan yang dibantu NuMoney melalui proses ICO.Selama masa inkubasi, para ​founder ​dari startup yang telah terpilih disyaratkan mengikuti serangkaian pelatihan dari NuMoney yang berlangsung selama lima pekan di Jakarta. Selain itu, NuMoney juga akan mengundang beberapa pakar startup untuk melatih dan membagikan ilmu serta pengalamannya kepada para startup terpilih selama maupun setelah menyelesaikan masa inkubasi.

Proses pendanaan bagi startup akan dilakukan pada tahun 2019, bersamaan dengan diluncurkannya NuMoney ICO Incubator. Melalui program inkubasi ini, NuMoney pun akan membantu penerapan teknologi blockchain dalam teknologi perusahaan-perusahaan rintisan yang berpotensi.

“Kami menargetkan pendanaan pada 2019 kepada 30 startup di Indonesia dengan nilai mencapai 1 juta dollar yang dapat digunakan untuk pengembangan bisnis mereka. Dengandemikian, kegiatan ini dapat menjadi wadah yang mampu mempercepat penerapan teknologi blockchain serta mendukung perkembangan startup di tanah air,” ujar Andika Sutoro Putra, CEO NuMoney Indonesia​.Seluruh rangkaian kegiatan NuMoney ICO Incubator dipastikan tidak melanggar regulasi yang disusun oleh pemerintah. Hingga saat ini belum ada aturan yang membatasi kegiatan inkubasi cryptocurrency atau digital asset di Indonesia. Selain itu, NuMoney selalu memastikan seluruh kegiatan yang dilaksanakan mematuhi peraturan yang telah disusun oleh pemerintah.