Find Us On Social Media :

Intel Luncurkan Prosesor Generasi ke-9 dan Intel Core seri X

By Dayu Akbar, Sabtu, 27 Oktober 2018 | 15:00 WIB

Sebagai bagian dari perkenalan lini prosesor desktop terbaru, Intel umumkan kehadiran tiga prosesor Intel Core generasi ke-9 seri K yang terdiri dari SKU i5-9600K, i7-9700K, dan i9-9900K. Seri K sendiri dikenal sebagai prosesor yang sudah di-unlocked agar pengguna dapat menggenjot lebih jauh kemampuan standarnya melalui metode overclock.Ketiga prosesor ini menawarkan pengalaman penggunaan yang cepat dan kaya bagi para gamer, dengan jumlah core hingga 8 dan jumlah thread hingga 16, frekuensi single-core turbo hingga 5 GHz, serta Intel Smart Cache sebesar 16 MB. Sebagai pendukung, Intel juga memperkenalkan chipset Intel Z390. Chipset ini memiliki USB 3.1 Gen 2 terintegrasi berkecepatan tinggi dan Intel Wireless-AC terintegrasi dengan dukungan untuk Wi-Fi berkecepatan Gigabit. Prosesor Intel Core Generasi ke-9 juga kompatibel dengan semua motherboard chipset Intel 300 Series sehingga dapat memperluas pilihan konsumen.

Intel Core seri XTidak hanya itu, Intel juga mengumumkan tujuh (i7-9800X, i9-9820X, i9-9900X, i9-9920X, i9-9940X, i9-9960X, dan i9-9980XE) prosesor Intel Core seri X baru untuk platform desktop Intel yang paling scalable dengan beragam jumlah core dan kemampuan I/O. Kesemuanya dibangun di Arsitektur Intel Mesh yang mampu meningkatkan bandwidth memori dan I/O, serta mengurangi periode latensi, sebuah kebutuhan penting untuk menangani tingginya beban kerja dari para pembuat konten.Prosesor Intel Core seri X terbaru menawarkan beberapa pilihan mulai dari 8 hingga 18 core. Dengan hingga 18 core, 36 thread, Intel Smart Cache 24.75 MB, serta hingga 68 platform PCIe lanes, sistem berbasis prosesor Intel Core seri X memungkinkan kreator untuk merekam, melakukan encode, meng-edit, me-render, dan melakukan transcode secara cepat dan bersamaan.

Dengan Intel Turbo Boost Max Technology 3.0 yang memiliki frekuensi single-core hingga 4,5 GHz, beban kerja yang paling penting dapat diarahkan ke dua core tercepat prosesor, sehingga akan mengoptimalkan kinerja ringan saat diperlukan. Artinya, pelanggan tidak harus memilih antara menggunakan prosesor untuk beban kerja ringan ataupun berat.Prosesor Intel Core seri X juga akan memungkinkan pengembang peranti lunak untuk membuat aplikasi dengan memanfaatkan instruksi Intel AVX-512 agar dapat mempercepat kinerja komputasi untuk beban kerja paralel.Untuk aplikasi pilihan dan berat yang membutuhkan kinerja komputasi intensif seperti desain arsitektur dan desain industri, serta pembuatan konten profesional, Intel akan menghadirkan prosesor Intel Xeon W-3175X versi unlocked. Prosesor Intel Xeon 28-core yang baru ini dibuat dengan mempertimbangkan beban kerja berat dan intensif. Memiliki frekuensi turbo single-core hingga 4,3 GHz dan 56 threads, prosesor tersebut akan memiliki versi unlocked untuk mereka yang ingin menghasilkan performa yang lebih tinggi lagi. Platform ini juga menyediakan Intel Smart Cache 38,5 MB, dukungan memori DDR4 6-channel hingga 512 GB pada 2666 MHz, serta ECC dan dukungan RAS standar.Pre-order untuk prosesor Intel Core Generasi ke-9 dan motherboard chipset Intel Z390 sudah dapat dilakukan melalui berbagai vendor dan retailer global. Sedangkan prosesor Intel Core seri X baru akan tersedia pada bulan November dan prosesor Intel Xeon W-3175X akan dikirim oleh Intel pada bulan Desember.