Find Us On Social Media :

Fakta Menarik Bugdroid, Robot Hijau Maskot Sistem Operasi Android

By Adam Rizal, Minggu, 4 November 2018 | 14:00 WIB

ilustrasi Bugdroid

Apa yang terlintas dipikiran Anda tentang ikon atau maskot sistem operasi Android?. Ya, pasti sebuah robot hijau ikonik.

Google memiliki maskot robot hijau bernama bugroid untuk sistem operasi Android.

Awalnya, robot hijau Android itu dipanggil dengan nama Andy dan banyak pihak mengatakan nama Andy merujuk pada Andy Rubin sebagai kreator Android.

Kemudian, tim internal Google menyebut robot hijau itu sebagai Bugdroid walaupun tidak ada alasan yang mengapa nomor robot hijau itu harus Bugdroid seperti dikutip Digital Trends.

Logo Google Android sendiri dibuat oleh desainer Irina Blok yang mendapatkan tugas untuk membuat desain sebuah open source untuk komunitas pengembang. Android sendiri merupakan sistem operasi berbasis open source.

Irina Blok pun membuat desain Google yang sederhana dan cepat membuat ikon Android terkenal, melebihi sasaran awal yakni komunitas pengembang. Dari Google, Irina Blok bekerja di Adobe, Apple, dan Facebook.

Selapas rilis ke publik, Bugdroid pun dengan cepat menjadi viral. Banyak pihak yang memodifikasi logo ini menjadi beragam bentuk, mulai dari ninja, bajak laut, dan kucing.

Logo ini mudah dikenali dan muncul dalam beberapa bentuk, mulai dari kaos hingga gantungan kunci. Hingga saat ini, Bugdroid pun masih menjadi maskot ikonik dari Android.

Google pun memiliki patung Bugdroid khusus yang biasanya digambarkan bersama Android versi terbaru.