Find Us On Social Media :

Bersama Bukalapak, Pemprov Jatim Wujudkan UKM Berbasis Digital

By Rafki Fachrizal, Selasa, 6 November 2018 | 11:13 WIB

Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum (Gubernur Jawa Timur) dan Fajrin Rasyid (Co-Founder and President Bukalapak)

Sebagai salah satu langkah untuk mewujudkan Jawa Timur berbasis digital, Pemerintah Provinsi Jawa Timur resmi menjalin kerjasama dengan Bukalapak.

Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan surat kesepakatan yang dilakukan oleh Fajrin Rasyid selaku Co-Founder and President Bukalapak dan Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum selaku Gubernur Jawa Timur.

Fajrin Rasyid selaku Co-Founder and President Bukalapak mengatakan “Kami menyambut baik kerjasama untuk mewujudkan Jawa Timur berbasis digital, dengan dukungan pemerintah dan masyarakat kami berharap penetrasi digital akan semakin menyeluruh di masyarakat.”

“Kerjasama ini tentunya mengoptimalkan berbagai fitur dan produk di Bukalapak demi memberikan solusi bagi kebutuhan masyarakat di Jawa Timur serta memberdayakan UKM dan IKM setempat,” tambahnya.

Dalam kerjasama ini, Bukalapak akan mengadakan sejumlah program dan menyediakan sederet layanan berbasis digital yang tentunya dapat menaik kelaskan masyarakat Jawa Timur.

Program-program tersebut antara lain adalah pemberdayaan UKM dan IKM di Jawa Timur untuk go online melalui Komunitas Bukalapak, pemberdayaan warung-warung konvensional di Jawa Timur melalui Mitra Bukalapak.

Disamping itu, beberapa inovasi dan kreativitas lainnya akan diwujudkan melalui konsep layanan yang dapat memudahkan kehidupan masyarakat Jawa Timur.

“Kami menyediakan sejumlah layanan berbasis digital dan program yang memberdayakan para pelaku UKM dan talenta-talenta terbaik di Jawa Timur. Harapannya Provinsi Jawa Timur yang berbasis digital dalam bidang ekonomi hingga pemerintahan akan segera terwujud dengan adanya kerjasama ini,” ujar Fajrin.

Bukalapak memiliki visi untuk memberdayakan masyarakat dari akar rumput, seperti UKM dan IKM yang tergabung sebagai pelapak di Bukalapak dan warung-warung konvensional yang tergabung sebagai Mitra Bukalapak.

Saat ini Bukalapak telah berhasil menghubungkan lebih dari 4 juta UKM atau pelapak di seluruh Indonesia. Jumlah pelapak di Jawa Timur per bulan September 2018 mengalami kenaikan sebesar 70% dibandingkan pada bulan September 2017 lalu.