Find Us On Social Media :

Berkat AI, Chatbot Canggih Aisyah Bisa Bicara Seperti Manusia

By Adam Rizal, Senin, 12 November 2018 | 14:00 WIB

Ilustrasi Aisyah, Chatbot Bank Mandiri Syariah

Saat ini perbankan sudah mencoba layanan mesin chatbot berbasis kecerdasan buatan untuk meningkatkan pelayanan dan efisiensi perusahaan.

Merespon perubahan, Bank Mandiri Syariah mengembangkan layanan chatbot Aisyah (Asisten Interaktif Mandiri Syariah) yang bertugas untuk menjadi asisten digital bagi nasabah Mandiri Syariah.

"Aisyah akan menjawab pertanyaan dan keluhan nasabah melalui telegram, Facebook Messenger dan live chat di situs web. Layanan ini akan melengkapi layanan digital lainnya untuk memudahkan nasabah Mandiri Syariah," kata Direktur Utama Mandiri Syariah Toni Eko Boy Subari.

Deriz Syarief (Marketing and Communications InMotion) mengungkap pengembangan Aisyah menggunakan teknolosi 3Dolhphins berbasis kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence).

"Dengan AI, Aisyah bisa lebih luwes ketika berinteraksi dengan customer. AI ini memungkinkan dia untuk terus belajar sehingga semakin baik," ujarnya.

Deriz mengatakan teknologi 3Dolphins membuat Aisyah berbicara layaknya manusia ketika melakukan chatting dengan pelanggan karena teknologi AI 3Dolphins dapat mengolah bahasa atau Natural Language Processing (NLP).

"Gaya bicaranya pun tidak seperti flowchart yang ada pilihan jawaban a, b, dan c. Tapi, lebih luwes seperti suara manusia," ujarnya.

Ilustrasi 3Dolphins

Deriz mengatakan Aisyah mampu meningkatkan efisiensi perbankan karena chatbot mampu bekerja selama 24 jam dan menangani beberapa pertanyaan yang sederhana atau standar seperti cara membuka rekening bank syariah dll.

"Lewat Machine Learning (ML) chatbot juga akan terus belajar sehingga responsnya semakin baik. Algoritma pun dapat menghasilkan percakapan yang cerdas dan luwes juga terus bertambah dan berkembang," ujarnya.

Dengan Aisyah, nasabah bisa mendapatkan penjelasan soal produk pendanaan, fasilitas pembiayaan, info layanan Mandiri Syariah, dan juga lokasi-lokasi kantor cabang terdekat.

Dalam pengembangannya, InMotion mengembangkan chatbot Aisyah dengan skala mesin kritikal enterprise dan sesuai standar keamanan bank yang menginginkan sistemnya on-premise.

"Kami akan terus meningkatkan kemampuan dan mengajarkan Aisyah," ujarya.