Find Us On Social Media :

Alibaba Kembangkan Smart Touch Supaya Tuna Netra Bisa Belanja Online

By Adam Rizal, Selasa, 13 November 2018 | 16:30 WIB

Ilustrasi huruf braile berbasis silikon milik Alibaba

Alibaba terus meningkatkan layanan e-commercenya untuk menjangkau semua kalangan termasuk difabel khususnya tunanetra.

Alibaba menggandeng perguruan tinggi Tsinghua University Tiongkok mengembangkan sebuah alat Smart Touch yang mempermudah kalangan difabel untuk bisa mengakses layanan seperti e-commerce di ponselnya.

Smart Touch itu memiliki sebuah lapisan material silikon dengan tombol sensor yang berfungsi sebagai huruf Braille yang bisa melekat di atas layar smartphone.

Nantinya, silikon itu akan dijual dengan harga terjangkau seperti dikutip Tech Crunch.

Silikon itu memiliki tiga buah tombol yaitu masing-masing tombol bisa disesuaikan dengan aplikasi yang sedang di akses di smartphone. Misalnya, perintah untuk membeli, membatalkan atau kembali.

Tentunya, Alibaba mengharapkan silikon itu bisa membuat kalangan difabel lebih mudah mengakses layanan berbelanja online dan mengandalkan fitur text to speech yang sudah ada di setiap smartphone.

Tombol yang melekat tadi juga akan berfungsi sebagai speaker yang bisa menghasilkan panduan audio saat smartphone menempel ke telinga.

Hal itu bertujuan untuk mengubah kebiasaan memaksimalkan volume di tempat umum yang membuat kalangan difabel kurang nyaman saat berada di fasilitas publik.

Sejauh ini Smart Touch buatan Alibaba hanya mendukung aplikasi buatan Alibaba saja.