Find Us On Social Media :

Berkat AI, Robot Strono Jago Bikin Ratusan Resep Pizza yang Lezat

By Adam Rizal, Rabu, 14 November 2018 | 18:00 WIB

Pizza lezat buah karya robot AI Strono

Saat ini banyak kalangan orang mulai ketakutan melihat kecanggihan robot berbasis kecerdasan buatan (AI) dan perkembangan teknologi IoT yang signifikan dapat menggantikan pekerjaan manusia di masa depan.

Baru-baru ini, sejumlah mahasiswa Massachusetts Institute of Technology (MIT) mengembangkan sebuah Robot bernama Strono yang dapat menciptakan resep Pizza yang baru.

Beberapa mahasiswa MIT itu ingin membuktikan bahwa robot yang memiliki kemampuan AI dapat berguna bagi kehidupan manusia, salah satunya membuat ratusan resep pizza.

"Kami mulai melihat lebih banyak berita tentang bagaimana mesin membuat orang khawatir dan AI dapat menyebabkan pengangguran massal dengan menggantinya,” kata lulusan Pinar Yanardag kepada CNBC Make It.

"Dalam proyek ini, kami ingin menunjukkan kepada publik bahwa kita tidak perlu takut dengan AI, tetapi kita dapat bekerja sama dengan AI untuk mencapai hasil yang paling kreatif dan produktif," ujarnya.

Strono dapat menghasilkan ide topping baru yang selama ini tidak pernah terpikirkan oleh para koki Pizza di dunia.

Kemudian, koki Tony Naser yang memiliki restoran ternama, Crush Pizza di Boston memasak resep-resep hasil pemikiran Strono tersebut.

Salah satu resep misterius Strono adalah “saus walnut wale” dan satu lagi yang terbaik adalah “krim keju karamel”.

"Kami tidak menyangka ini akan dibuat, yang pasti ini pizza terbaik dari semua yang pernah ada," kata tim itu dalam sebuah posting blog di Medium.

"Setelah mencicipi, Tony juga memutuskan untuk menaruh beberapa arugula di atasnya, dan benar-benar meningkatkan rasanya juga (kolaborasi manusia-AI, yay!),” tulisnya.

Tim ini mengucapkan terima kasih khusus kepada Tony dan Strono karena mengambil bagian dalam apa yang mereka sebut kolaborasi manusia-AI.