Find Us On Social Media :

Inilah Rahasia 3 Perusahaan e-Commerce ini Terpopuler di Indonesia

By Adam Rizal, Kamis, 15 November 2018 | 18:00 WIB

Ilustrasi Lazada dan Shopee

Pertumbuhan pasar online sangat pesat di Indonesia, menyusul penjualan online yang terus meningkat setiap tahunnya.

Persaingan pasar e-commerce yang ketat membuat jumlah pemain e-commerce di Indonesia sudah jauh lebih sedikit dari beberapa tahun lalu.

Perusahaan konsultan marketing MarkPlus Inc melakukan survei perusahaan e-commerce yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia.

"Industri e-commerce saat ini sudah masuk usia matang. Pemain-pemain seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak adalah nama-nama pemain e-commerce yang paling sering disebut responden," kata Irfan Setiawan (Associate of High Tech, Property and Consumer Industry of MarkPlus, Inc).

Data riset MarkPlus mengungkapkan bahwa 46,1 persen responden mengakses e-commerce sebanyak empat kali dalam tiga bulan terakhir.

Dalam periode waktu yang sama, Shopee adalah e-commerce yang paling sering diakses, diikuti oleh Lazada, dan Tokopedia.

Sementara perangkat yang paling sering digunakan oleh masyarakat untuk mengakses e-commerce adalah smartphone.

Sebanyak 91,3 persen responden mengaku menggunakan smartphone untuk mengakses e-commerce. Sementara 49,8 persen mengatakan mereka menggunakan aplikasi e-commerce.

Shopee, Lazada, dan Tokopedia bisa bertahan di Indonesia karena mereka menggunakan strategi yang tepat seperti banjir diskon dan gratis biaya kirim.

"Strategi seperti banyak promosi, harga murah, reputasi baik, sampai gratis ongkir adalah alasan mengapa konsumen memilih berbelanja di e-commerce. Ini juga yang membuat brand-brand ternama bertahan," kata Irfan.

Menurut survei, responden memiliki beberapa pertimbangan sebelum memutuskan untuk berbelanja di sebuah e-commerce.

Sebanyak 61,3 persen menjadikan jumlah promosi jadi pertimbangan, 58,5 persen mempertimbangkan harga yang lebih murah, dan 53,8 persen menjadikan reputasi sebagai pertimbangan.