Follow Us

Jangan Sepelekan Hal Ini, Mendiamkan Charger di Stopkontak Ternyata Berbahaya!

Dio Firdaus - Rabu, 29 Januari 2020 | 21:11
Ilustrasi charger
Gadget Flow

Ilustrasi charger

HAI-ONLINE.COM - Kebanyakan kita suka sengaja atau kadang lupa atau bahkan malas mencabut charger dari stop kontak saat selesai mengisi daya.

Sekilas, kebiasaan kecil itu memang terlihat sepele dan bukan masalah yang besar. Tapi nyatanya ada bahaya yang mengintai dan kerugian loh sob.

Bahaya yang pertama yang mengintai kamu saat meninggalkan charger di stopkontak setelah selesai mengisi daya adalah tersetrum.

Baca Juga: Penyanyi Lagu Truth Hurts yang Terkenal di TikTok Bawa Pulang Piala Grammy!

Kalau ujung kabel yang biasa ditancapkan ke ponsel kamu dibiarkan begitu aja, bisa menyetrum siapa saja yang nggak sengaja memegangnya. Bahaya banget nih kalau yang punya adik kecil.

Selanjutnya juga ada resiko korsleting yang cukup besar. Kalau terkena air, misalnya banjir, charger bisa menyebabkan korsleting dan pastinya kamu tau kan apa yang terjadi kalau korleting terjadi?

Bisa kebakaran loh sob.

Baca Juga: Gampang Banget, Ini Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus

Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah membiarkan charger menancap di stopkontak boros listrik. Poin yang ini anak kos perlu tau banget nih.

Merangkum dari Bobo.id, salah satu komponen yang ada di charger adalah trafo. Kalau kamu memegang charger dan meraskana panas, hal itu dikarenakan kerja trafo dan komponen lainnya.

Trafo punya tugas untuk mengubah tegangan tinggi menjadi tegangan rendah yang susai dengan kapastias baterai ponsel kamu.

Listrik yang mengalir dari stopkontak akan diteruskan menjadi energi ke baterai, sisanya akan dibuang menjadi panas.

Nah, trafo ini akan tetap bekerja mengubah listrik menjadi energi panas meskipun charger udah nggak digunakan lagi. Meskipun yang terbuang nggak banyak. Tapi kan sayang juga kalau lama-lama dibiarkan.

Jangan pernah lupa untuk cabut charger dari stop kontak lagi ya sob! (*)

Source : bobo

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest