Perusahaan penyedia sistem teknologi untuk event dan hiburan, LOKET, mengumumkan telah menyiapkan solusi berupa fitur dan layanan baru yang dapat mendukung operasional pengelola tempat publik di masa new normal atau kenormalan baru.
Ario Adimas selaku VP Commercial LOKET mengungkapkan bahwa solusi ini ditujukan khusus bagi tempat publik seperti taman hiburan, tempat pertunjukan, bioskop dan museum.
Bahkan, solusi ini juga bisa dikembangkan untuk pusat perbelanjaan dan perkantoran komersial.
“Dengan inovasi teknologi yang kami lakukan, diharapkan dapat semakin memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi tempat publik maupun masyarakat untuk beraktivitas dalam menghadapi tatanan baru,” kata Ario.
Baca Juga: Reservasi Online, Solusi bagi Sektor Pariwisata Hadapi Era New Normal
Lebih lanjut, fitur dan layanan baru tersebut di antaranya:
1. Instant Registration & Capacity Management
Selama masa pandemi, data individu yang berada di suatu tempat yang sama dalam satu waktu menjadi sangat penting.
Mengenali klaster penyebaran baru Covid-19 merupakan hal krusial demi pencegahan penyebaran lebih lanjut.
Melalui fitur ini, LOKET menghadirkan sistem registrasi multifungsi yang secara akurat akan mencatat data pengunjung dalam hitungan detik.
2. Crowd Control Management
Selain pendataan, menentukan kapasitas maksimal pengunjung dalam satu tempat juga merupakan penyesuaian protokol kesehatan yang perlu diberlakukan.
Crowd Control Management dapat menjadi solusi untuk mengatur agar kapasitas tempat umum hanya terisi dengan kuota yang sudah ditentukan.
Dengan layanan ini, setiap pengunjung yang datang harus menunjukkan barcode yang mereka dapat setelah melakukan registrasi.
Barcode unik ini untuk satu (1) kali pakai dan dilengkapi dengan syarat & ketentuan yang harus dipatuhi ketika datang ke tempat publik, seperti misalnya imbauan untuk tetap melakukan jaga jarak fisik.
3. Tracking Management
Fitur ini memungkinkan validasi real-time untuk memonitor pengunjung secara akurat guna mengawasi jumlah orang yang berada di satu tempat dalam satu waktu.
Hal ini bisa dilakukan karena setiap pengunjung yang datang ke satu tempat harus registrasi terlebih dahulu serta melakukan check-in ketika masuk dan check-out ketika keluar.
4. Fast Automated Mitigation
Melalui fitur ini, LOKET menawarkan layanan penyesuaian penutupan lokasi pada kondisi darurat serta analisis waktu dan tempat kejadian.
Dengan memanfaatkan database pengunjung yang ada, setiap tempat publik dapat memberikan emergency alert dalam bentuk notifikasi kepada pengunjung jika terjadi penutupan lokasi secara tiba-tiba yang disertai dengan pilihan auto-refund jika disertai tiket berbayar.
Baca Juga: Tantang Dominasi Microsoft Teams dan Zoom, Slack Gandeng Amazon
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR