Platform distribusi video singkat, TikTok, menghadirkan program Ramadan bertajuk #SamaSamaBerbagi. Program ini bertujuan menghadirkan pengalaman Ramadan yang penuh kebahagiaan dan kebersamaan bagi komunitas TikTok dengan format video singkat.
Program #SamaSamaBerbagi berlangsung mulai 5 April hingga 16 Mei 2021. Dalam program ini, TikTok melibatkan pengguna dari berbagai latar belakang untuk sama-sama berbagi, melalui berbagai kegiatan menarik yang dikemas dalam bentuk festival online di aplikasi.
Angga Anugrah Putra (Head of Content and User Operations TikTok Indonesia) menuturkan, Ramadan identik dengan kemeriahan, dimana setiap orang biasanya berbagi kegembiraan di momen-momen bersama keluarga dan orang-orang terdekat.
"TikTok ingin membawa kemeriahan tersebut ke dalam aplikasi melalui berbagai virtual booth, agar masyarakat bersama komunitas global TikTok bisa sama-sama berbagi dengan cara menyenangkan, sambil mengekspresikan kreativitas mereka selama bulan Ramadan," ujar Angga melalui diskusi virtual, Kamis (15/4/2021).
Ramadan di masa pandemi tahun ini akan sedikit berbeda dengan tahun lalu, dimana masyarakat lebih optimis karena sudah terbiasa jalani gaya hidup online yang serba digital. Hal senada juga tergambar di komunitas TikTok.
Dalam riset internal TikTok (Desember, 2020), diungkapkan bahwa 71% pengguna merayakan Ramadan dengan cara masing-masing dari rumah. Mereka mencari inspirasi dan hiburan dengan format video singkat di TikTok, ini ditunjukkan dari engagement yang meningkat hingga 29% dibanding hari biasa.
Program #SamaSamaBerbagi ini dikemas ke dalam format online booth melalui beberapa program, diantaranya:
1. Inspirasi Ramadan dalam bentuk konten video yang beragam, mulai dari #KulinerRamadan untuk kategori kuliner, #InspirasiRamadan untuk kategori edukasi, #GayaRamadan untuk kategori fesyen, dan masih banyak lagi. Pengguna juga bisa menyaksikan Ramadan TikTok Live dengan topik-topik inspiratif dari pemerintah hingga selebriti.
2. Sticker dan music spesial Ramadan yang mendukung pengguna untuk mengekspresikan kreativitas dan berkumpul untuk menikmati momen Ramadan dengan unik, seperti mudik online.
3. Ramadan Live Sales Sessions yang memberikan platfrom bagi brand dan UKM untuk bisa menyampaikan promosi menarik bagi pengguna TikTok. Didukung dengan layanan livestream, para pelaku bisnis dari berbagai kategori bisa berinteraksi dengan cara menyenangkan.
Angga menambahkan, berbagai inisiatif TikTok selama bulan Ramadan ini diharapkan bisa mengakomodasi kebutuhan pengguna dari berbagai latar belakang selama bulan Ramadan.
"Misi TikTok adalah membawa kebahagiaan di berbagai momen melalui format video singkat. Di bulan Ramadan kali ini, harapannya pengguna, kreator, hingga pelaku bisnis punya 'rumah' yang nyaman dan menyenangkan di TikTok untuk sama-sama berekspresi dan berkreasi," pungkas Angga.
Penulis | : | Indah PM |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR