DANA hari Jumat lalu mengumumkan kehadiran DANA 2.0 di Indonesia. DANA menegaskan DANA 2.0 menawarkan UI (user interface) alias antarmuka pengguna yang lebih baik sehingga menawarkan UX (user experience) alias pengalaman pengguna yang lebih baik pula. Pengalaman pengguna yang lebih baik tentu bisa meningkatkan jumlah pengguna DANA sekaligus meningkatkan literasi keuangan di tanah air. DANA sendiri sejak lama mengeklaim terus mendorong literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.
"Kalau kita ngelihat di Indonesia, jumlah pengguna dompet digital mulai meningkat pesat. Jadi, pada data Nielsen tahun 2020, 56% netizen saat ini sudah menggunakan metode pembayaran digital hampir setiap harinya. Sebagai informasi tambahan; merujuk pada data BrandIndex YouGov di kuartal kedua tahun 2021; keamanan, kemudahan, dan kenyamanannya masih terus menjadi pertimbangan banyak pengguna untuk beralih ke dompet digital," ujar Vince Iswara (CEO dan Co-founder DANA). "Sejak awal DANA selalu mengedepankan keamanan data dan transaksi pengguna lewat keamanan yang berlapis dan teknologi terdepan. Begitu pula dari sisi kemudahan dan kenyamanan, DANA mewujudkan dengan terus mengembangkan tampilan dan menyederhanakan perjalanan transaksi digital pengguna, termasuk dengan saat ini hadirnya DANA version 2.0," tambahnya.
DANA pun menegaskan bahwa dirinya memiliki filosofi berupa "Start with UX". Dengan kata lain, DANA memiliki pendekatan yang harus berawal dari pengalaman pengguna. Dompet digital ini misalnya bukan sekadar menambahkan fitur baru karena ada teknologi baru yang sedang hype. DANA menambahkan fitur baru karena fitur baru itu bisa memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik seperti menjawab pain point pengguna.
Selain itu, DANA juga menekankan bahwa fitur baru pada suatu dompet digital bisa dikopi oleh pihak lain. Alhasil, yang membedakan pengalaman pengguna suatu dompet digital dengan dompet digital lain, utamanya adalah QoS (quality of service) alias kualitas dari servis; yakni ketersediaan, keandalan, kinerja, scalability, ketangguhan, dan keamanan. DANA sendiri mengeklaim sangat serius dalam berusaha memberikan QoS yang berkualitas tinggi bagi pengguna.
Adapun untuk peningkatan yang diitawarkan DANA 2.0, terdapat lima peningkatan yang dikedepankan DANA. Berikut kelima peningkatan tersebut.
1. Send Money
Pada Send Money alias Kirim Uang, DANA 2.0 mengoptimalkan kemudahan penggunaan dan pengalaman penggunaan antara lain dengan mengurangi jumlah langkah yang diperlukan. DANA menyebutkan DANA 2.0 memangkas jumlah langkah yang diperlukan untuk mengirimkan uang sampai 50%. Pengguna DANA 2.0 bisa dengan mudah memanfaatkan kolom pencarian untuk tujuan transfer. Begitu pula dengan tujuan transfer yang terakhir dilakukan; DANA 2.0 memajang deretan tujuan transaksi yang terakhir dilakukan.
2. Smart Pay
Smart Pay yang tersedia pada DANA 2.0 memberikan rekomendasi metode pembayaran terbaik untuk pengguna. Dengan Smart Pay, pengguna tidak perlu khawatir apabila saldo DANA yang dimiliki tidak mencukupi untuk bertransaksi. Apabila saldo DANA tidak cukup, Smart Pay akan menampilkan rekomendasi metode pembayaran lain. Namun, untuk menggunakan fitur ini, pengguna terlebih dahulu perlu mengaktifkannya di halaman Me.
3. Daily Limit
DANA menyebutkan Daily Limit diharapkan bisa meningkatkan kepercayaan pengguna ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit maupun kartu debit. Dengan Daily Limit, pengguna DANA 2.0 bisa menentukan sendiri batas harian nilai transaksi menggunakan kartu kredit maupun kartu debit tersebut melalui DANA. Daily Limit ini pun berlaku per kartu dan bisa diubah on the fly.
4. DANA Statement
DANA Statement merupakan ekstensi dari Transaction History. DANA Statement membolehkan pengguna DANA 2.0 untuk melihat dengan cepat ringkasan uang yang masuk dan yang keluar setiap bulannya. DANA Statement memungkinkan pula pengeksporan ke berkas PDF.
5. Home
DANA menjelaskan tampilan depan platformnya alias tampilan Home pada DANA 2.0 secara garis besar lebih rapi dan hierarkinya disusun berdasarkan prioritas. Secara spesifik, Home pada DANA 2.0 antara lain menampilkan beberapa ikon dengan lebih bersemangat, membolehkan aktivitas teman diintip secara langsung, memunculkan banner promosi yang lebih besar, menghadirkan kartu yang berisikan kumpulan informasi yang terkurasi, dan menyediakan fitur Nearby.
KOMENTAR