Beberapa hari lalu di Jakarta, PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) mengumumkan resmi berdiri sebagai entitas telekomunikasi terpadu. XLSMART resmi berdiri sebagai hasil merger PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren), dan PT Smart Telecom (Smartel). Sebelumnya, merger ketiga perusahaan ini telah disetujui para pemegang saham. Kehadiran XLSMART diklaim menandai babak baru era digital Indonesia dan XLSMART siap menjadi pemimpin transformasi digital di tanah air.
“Hari ini adalah hari yang sangat penting bagi kami. Kami sekarang secara resmi telah melakukan merger, dari XL Axiata dan Smartfren untuk menciptakan sebuah perusahaan baru yang disebut XLSMART. Kami sangat bangga bisa merilis maskot ini [logogram XLSMART]. Hal ini terjadi setelah persiapan berbulan-bulan,” ujar Rajeev Sethi (Presiden Direktur dan Chief Executive Officer XLSMART). “Kami berbicara tentang tekad ke depan yang terangkum dalam kata-kata ‘Bersama, Melaju Tanpa Batas’. Itu akan menjadi filosofi kami.”
Berdiri secara resmi, susunan Direksi dan Dewan Komisaris XLSMART yang baru ditunjuk resmi pula menjabat. Susunan Direksi dan Dewan Komisaris XLSMART ini diklaim mencerminkan perpaduan kepemimpinan dari perusahaan-perusahaan pendahulunya, menunjukkan komitmen XLSMART terhadap tata kelola yang seimbang.
Susunan Direksi tersebut adalah Rajeev Sethi, Antony Susilo (Direktur dan Chief Financial Officer XLSMART), Shurish Subbramaniam (Direktur dan Chief Technology Officer XLSMART), David Arcelus Oses (Direktur dan Chief Commercial Officer XLSMART), Merza Fachys (Direktur dan Chief Regulatory Officer XLSMART), Yessie Dianty Yosetya (Direktur dan Chief Information Officer XLSMART), Andrijanto Muljono (Direktur dan Chief Enterprise and Strategic Relationship Officer XLSMART), Feiruz Ikhwan (Direktur dan Chief Strategy and Home Officer XLSMART), dan Jeremiah Ratadhi (Direktur dan Chief People Officer XLSMART). Adapun Dewan Komisaris bisa dilihat di sini.
Fokus pada Pelanggan dan Karyawan
Ke depannya, XLSMART sewajarnya akan melakukan sinergi untuk meningkatkan kinerja. Namun, XLSMART menegaskan langkah apa saja yang akan diambilnya, pelanggan dan karyawan XLSMART akan menjadi fokus utama. XLSMART pun menambahkan bahwa hingga hari berdirinya belum ada rencana pengurangan karyawan. Bahkan, manfaat yang diperoleh para karyawan tidak ada yang berkurang. Selain itu, XLSMART memastikan berorientasi pada inovasi yang berlandaskan tujuan jangka panjang.
“Pembentukan XLSMART adalah langkah penting dalam mewujudkan tujuan kami: menghubungkan setiap orang Indonesia untuk kehidupan yang lebih baik,” sebut Rajeev. “Kami menyatukan kekuatan saling melengkapi dari XL Axiata dan Smartfren di bawah satu kepemimpinan dan visi bersama — menjadi pemimpin laju transformasi digital Indonesia.”
Bagi para pelanggan XL Axiata dan Smartfren, pelanggan-pelanggan tersebut tetap bisa menggunakan aneka layanan yang biasa dipakainya seperti sebelumnya, seperti sebelum merger. Para pelanggan layanan telekomunikasi seluler XL, AXIS, dan Smartfren tetap bisa menggunakan masing-masing layanan seperti biasa, tanpa perlu melakukan langkah tambahan.
XLSMART sendiri mengeklaim memiliki basis pelanggan tanah air sebesar lebih dari 94,5 juta dengan pangsa pasar Indonesia sekitar 25%. XLSMART memproyeksikan pendapatan proforma sebesar Rp45,8 triliun.
Memiliki tujuan menghubungkan setiap orang Indonesia untuk kehidupan yang lebih baik, XLSMART memiliki tiga visi yang ingin dicapainya pada tahun 2027. Ketiga visi itu adalah menjadi perusahaan Indonesia yang paling dicintai bagi para pelanggan XLSMART, menjadi tempat bekerja di Indonesia yang paling baik bagi para karyawan XLSMART, dan menjadi penyedia layanan yang paling efisien.
Identitas Baru
Seperti telah disampaikan, XLSMART turut memperkenalkan identitas korporat barunya dengan tanda visual utama berupa logogram. Logogram ini disebut “Infinity World” dan dinyatakan melambangkan konektivitas tanpa batas dan peluang yang tak berujung. XLSMART mengeklaim logogram Infinity World sebagai gerbang dinamis menuju berbagai kemungkinan baru.
Logogram Infinity World sejalan dengan tagline Bersama, Melaju Tanpa Batas yang diusung XLSMART. Lebih lanjut XLSMART menyebutkan tagline ini merupakan sebuah ajakan bagi pelanggan, komunitas, dan mitra untuk melangkah maju bersama sebagai satu kesatuan demi mencapai kemajuan tanpa batas, mencakup Indonesia yang berkembang dan unggul pada era digital.
Penulis | : | Cakrawala Gintings |
Editor | : | Dayu Akbar |
KOMENTAR